by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
aturan | tentang kami | kontak kami

Artikel

Review Singkat RB 941-2nD (hAP Lite)

Kategori: Fitur & Penggunaan

Kali ini MikroTik mengeluarkan sebuah produk router baru yaitu RB941-2nD atau bisa disebut dengan hAp-Lite. Produk ini begitu fenomenal karena dibanderol dengan harga yang tidak lebih dari Rp 300 ribu. Mungkin akan timbul pertanyaan pada benak kita tentang performa dari router ini dengan harga yang murah. Nah, untuk itu kita akan melakukan sedikit review tentang performa dari RB941-2nD (hAP-Lite) ini.

Router ini merupakan salah satu jenis routerborad seri 900 yang memungkinkan untuk digunakan dalam segala kondisi. Dengan didukung berbagai macam fitur routerOS, router ini bisa dipasang di kantor maupun di rumah.

Untuk kebutuhan supply daya, RB941-2nD menggunakan standart power yang baru yaitu MicroUSB 5v. Dengan demikian RB941-2nD dapat dimungkinkan untuk menggunakan charger dari handphone/smartphone bahkan juga dapat menggunakan powerbank pada umumnya.

Fitur

Secara umum fitur yang terdapat pada RB941-2nD relatif sama dengan varian router indoor seri 900 lainnya, diantaranya adalah prosesor 650Mhz, RAM 32 MB, dan sudah dilengkapi dengan RouterOS level 4. Namun, untuk besar storage media hanya 16MB NAND dan memiliki ethernet port sebanyak 4  Fast-Ethernet. Kemudian, RB941-2nD juga tidak dilengkapi dengan fitur PoE-In dan PoE-Out sehingga supply daya terbatas. Ada perbedaaan pada router ini dibanding dengan router yang se-varian atau router indoor seri lain, yaitu pada RB941-2nD menggunakan platform baru yaitu Smips dan hanya support dengan winbox v3.x.




Embedded Wireless

Seperti halnya RB951-2n untuk jaringan nirkabel RB 941-2nD (hAP-Lite) juga dilengkapi dengan 1 buah access point embedded  yaitu Build-in Wireless 2.4Ghz (802.11b/g/n) dengan Antenna Internal Dual-Chain 2 x 1,5dbi. Dengan melihat spesifikasi tersebut, router ini mampu mendukung kebutuhan jaringan nirkabel dalam skala kecil. Apabila digunakan sebagai Access Point dapat menjangkau dengan jarak kurang lebih 20-30m tanpa halangan. Hasil percobaan kami di lingkungan indoor dengan  halangan tembok dan beberapa ruangan, jangkauan sinyal wireless pada router ini dapat menjangkau jarak efektif sekitar 10 meter.

Switching

Sama dengan RB750 series, RB941-2nD juga sudah dilengkapi dengan Switch-Chip, sehingga dimungkinkan untuk memanfaatkan interface ethernet router ini sebagai layaknya perangkat switch. Dengan fitur switch chip kita bisa setting interface ethernet yang sebelumnya bersifat routed network menjadi switch network.

Performance-Test

Setelah melihat uraian singkat dari fitur yang dimiliki oleh RB941-2nD diatas, mungkin kita masih ragu dengan performa dari router ini untuk keperluan operasional. Kami telah melakukan uji coba pada router ini dengan melakukan test bandwith upload dan juga download dilakukan oleh 20 client secara bersamaan. Dengan total troughput bandwith sebesar 20Mbps dan mangle serta queue tree 20 client dengan masing-masing bandwith sebesar 1Mbps.

Hasilnya cukup memuaskan. Dengan penggunaan resource CPU yang lumayan kecil, RB941-2nD mampu meng-handle trafik sebesar 20Mbps dengan digunakan oleh 20 client bersamaan. Jadi, router ini cukup memadai untuk penggunaan operasional networking sehari-hari di jaringan SOHO (Small Office Home Office).





Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan