by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
aturan | tentang kami | kontak kami

Artikel

Oleh-oleh dari MUM Praha (1)

Kategori: Fitur & Penggunaan

Bulan lalu, saya merasa sangat beruntung, berkesempatan mengikuti acara Mikrotik User Meeting (MUM) yang diadakan di Praha, Republik Ceko. Acara MUM ini diadakan oleh Mikrotik sebagai wadah bertemunya para pengguna Mikrotik, sehingga bisa terjadi komunikasi dan tukar-menukar pengalaman, sehingga secara keseluruhan bisa membantu para pengguna dalam memakai Mikrotik sehari-hari.

Tiba di Bandar Udara Internasional Ruzyne, Prague, cuaca kurang bersahabat. Udara menunjukkan suhu kurang dari nol derajat Celcius. Baju berlapis yang sudah saya siapkan dari Indonesia tidak mampu menahan dinginnya udara dengan sempurna. Perjalanan dari Bandara ke Hotel Duo, tempat saya menginap (dan sekaligus tempat berlangsungnya acara) memakan waktu sekitar 45 menit, di sela-sela arus lalu lintas yang boleh dikatakan cukup lancar dan lengang.

Acara MUM ini sebetulnya sudah diumumkan sejak pertengahan tahun 2005 lalu. Saya sendiri tadinya tidak berpikiran untuk ikut acara ini. Selain karena alasan finansial, saya merasa agak minder untuk hadir di event internasional seperti itu. Dalam bayangan saya, pasti peserta-pesertanya adalah orang-orang yang jago dalam hal jaringan.

Sampai sekitar bulan November, saya menerima email dari Janis Jankovkis, Sales Manager Mikrotik yang mengirimkan email pribadi ke saya, dan menyatakan bahwa mereka mengharapkan kehadiran saya di sana. "Dear Valens, I hope you are doing fine. I'm wondering, would you be interested to come to our first MikroTik User Meeting in Prague, Czech Republic?" Bahkan, beberapa hari kemudian Normund Rustanovics meminta saya juga untuk berbicara di event tersebut, "I would like to invite you to prepare a small presentation  about  your  company and your Mikrotik setup. We would give you a special time on the  presentation  schedule."Akhirnya saya cuma bisa bilang ke teman-teman staf Mikrotik: kalau Visa Ceko saya dikabulkan, saya akan berangkat.

Saya tiba tanggal 16 Januari 2006, 3 hari sebelum MUM dimulai. Pada 3 hari ini diadakan juga training Mikrotik di Praha. 40 orang mengikuti training ini. Sebenarnya saya sudah menyediakan diri ikut membantu pelaksanaan training ini, tapi Arnis mengatakan, sebaiknya saya jalan-jalan saja dulu, karena baru kali pertama ini saya menginjakkan kaki di Praha. Jadilah selama 3 hari saya menyempatkan diri berjalan-jalan di Praha.

Malam harinya, 2 hari berturut-turut, saya diundang berjalan-jalan dan makan malam dengan teman-teman Mikrotik. Tentu saya tidak melewatkan kesempatan ini, di mana saya akan memiliki banyak kesempatan untuk berdiskusi seputar penggunaan Mikrotik.


Berfoto bersama Janis Megis (tengah) dan Arnis (kanan) di downtown kota Praha.

Rangkaian acara MUM diawali dengan pendaftaran dan welcome drink di bar hotel. Mulai dari waktu ini mulai terasa nuansa MUM. Lobi hotel yang tadinya tenang, mulai terasa riuh dan banyak nampak orang muda dengan setelan kaos dan memegang segelas bir. Perbincangan akrab ini berlangsung tiap malam hingga MUM usai.

MUM dihadiri oleh 150 orang, dengan peserta terjauh dari Fiji. Peserta MUM ini ternyata mulai dari pemula, hingga mahir. Ada yang baru menggunakan Mikrotik, ada yang sudah lama sekali bergaul dengan Mikrotik. Saya jadi nyaman berinteraksi di sini. Ternyata pengalaman saya selama di Indonesia tidak kalah dengan pengalaman teman-teman dari negara lain.


Ada 4 acara utama dalam MUM ini, yaitu presentasi dari tim Mikrotik, presentasi dari peserta (pengguna Mikrotik), demo produk, dan perlombaan.

Tim Mikrotik sendiri melakukan beberapa kali presentasi. Yang cukup menarik, adalah presentasi penggunaan software monitoring The Dude. Dengan software ini kita bisa melakukan monitoring jaringan, baik dengan Ping (ICMP), ataupun memanfaatkan service lainnya (http, smtp, dns, dan lain-lain). Selain itu, pada garis link antar alat, kita juga bisa memantau besarnya trafik yang melewatinya, kalau sudah hampir penuh warna link tersebut akan memerah.


Dmitry Golubev sedang mempresentasikan cara penggunaan The Dude

Saat ini The Dude masih dalam taraf beta testing dan bisa didownload secara gratis di website mikrotik. Mengingat fungsi dan kegunaan software ini yang sangat menarik, sebagian peserta MUM mempertanyaan apakah nantinya The Dude akan tetap gratis atau akan menjadi software komersial. "The Dude akan selamanya gratis, kalaupun ada versi komersial, itu hanya untuk menambahkan beberapa fungsi saja," kilah Dmitry menjawab pertanyaan tadi.

Pada kesempatan ini, tim Mikrotik juga tidak mau melewatkan memperkenalkan fitur baru yang ada pada program hotspot gateway di routeros. Mulai versi 2.9.11, fungsi hotspot Mikrotik dapat menampilkan iklan, dan dapat dirotasi dan dan ditampilkan dalam kurun waktu tertentu. "Ini adalah solusi yang bagus bagi penyedia jasa hotspot gratis. Iklan tidak lagi hanya bisa ditampilkan di halaman login, namun juga bisa ditampilkan setiap rentang waktu tertentu." ujar Uldis.

Masih dalam kaitannya dengan hotspot, Uldis menjelaskan bahwa dalam beberapa bulan ke depan, Mikrotik RouterOS akan dilengkapi juga dengan user management system yang jauh lebih baik lagi untuk penggunaan hotspot. Jika sekarang kita mesih membutuhkan penggunaan radius server terpisah, nantinya di dalam MikrotikOS juga akan terdapat server radius. Dengan sistem ini, sistem billing hotspot tidak perlu dilakukan secara terpisah dengan Router Mikrotik.

Eugene Butan, Chief Testing System Engineer Mikrotik, tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk mendemonstrasikan fungsi bonding pada routerOS. Eugene merangkaian 4 buah RB532 yang masing-masing memiliki 2 buah interface wireless, untuk dihubungkan secara wireless dengan 4 buah RB532 yang juga memiliki 2 buah interface wireless. Tiap RB532 terhubung dengan RB532 pada kedua interface wirelessnya, sehingga secara total tercipta 8 link wireless. Pada tiap RB532 dilakukan dual nstream, di mana link yang satu hanya digunakan untuk transmit, dan link satunya hanya untuk received.


Eugene Butan sedang menjelaskan bonding dengan wireless

Dari 4 buah RB532 tersebut, kemudian trafiknya diagregasikan ke sebuah router Pentium4. Dari router inilah dilakukan bandwidth test melalui ke delapan link wireless tersebut. Hasilnya cukup mengagumkan, didapatkan total trafik sebesar 350 mbps.

bersambung .....





Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan