by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

Interkoneksi Jaringan dengan L2TP+IPSec

Jum'at, 7 Agustus 2015, 08:25:00 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan
Salah satu service VPN yang terdapat di Mikrotik adalah L2TP (Layer 2 Tunneling Protocol). L2TP merupakan pengembangan dari PPTP ditambah L2F. Network security Protocol dan enkripsi yang digunakan untuk autentikasi sama dengan PPTP. Akan tetapi untuk melakukan komunikasi, L2TP menggunakan UDP port 1701. Biasanya untuk keamaanan yang lebih baik, L2TP dikombinasikan dengan IPSec, menjadi L2TP/IPSec. Contohnya untuk Operating system Windows, secara default OS Windows menggunakan L2TP/IPSec. Akan tetapi, konsekuensinya tentu saja konfigurasi yang harus dilakukan tidak se-simple PPTP. Sisi client pun harus sudah support IPSec ketika menerapkan L2TP/IPSec. Dari segi enkripsi, tentu enkripsi pada L2TP/IPSec memiliki tingkat sekuritas lebih tinggi daripada PPTP yg menggunakan MPPE. Trafik yang melewati tunnel L2TP akan mengalami overhead ± 12%.

L2TP lebih “firewall friendly” dibandingkan jenis VPN yang lainnya seperti PPTP. Hal ini sebuah Keuntungan besar jika menggunakan protocol ini, karena kebanyakan Firewall tidak mensupport GRE. Namun untuk L2TP tidak memiliki encripsi sehingga kita memerlukan service tambahan guna menunjang keamanan yang lebih tinggi. Oleh karena itu kita akan memadukan L2TP dengan IPSec.

Konfigurasi 'Step-by-Step' L2TP + IPSec

Untuk implementasi kali ini kita akan mencoba melakukan interkoneksi 2 buah network menggunakan L2TP+IPsec. Katakanlah kita mempunyai topologi jaringan 'Kantor Pusat' dan juga 'Kantor Cabang' dimana letaknya saling berjauhan dan koneksi yang paling mudah dan memungkinkan yaitu via WAN (internet).

 

L2TP Server

Pertama, kita akan melakukan konfigurasi untuk L2TP Server. Untuk mengaktifkan router sebagai L2TP server caranya pun cukup mudah. Pada menu PPP -> Pilih L2TP Server. Maka akan tampak seperti tampilan berikut.


Kemudian centang opsi 'Enabled'. Nah, secara otomatis L2TP Server telah aktif. Selanjutnya kita akan melakukan setting pada Tab Secret. Pilih Tab Secret -> Klik Add [+].



Disini kita akan mengisi beberapa parameter standar yang utama untuk melakukan koneksi. Seperti 'Name & Password' diisikan untuk dial koneksi L2TP dari client. Kemudian 'Service' bisa diisikan dengan 'l2tp' dan bisa juga dengan 'any' untuk semua jenis service PPP. Dan parameter selanjutnya yang juga penting adalah setting Ip Address pada "Local Address" dan "Remote Address". IP Address inilah yang nantinya kan ditambahkan secara otomatis ketika koneksi L2TP terbentuk dan sebagai gateway untuk komunikasi data.
Kita juga bisa menambahkan pada parameter "Route" dengan mengisikan network dari 'Kantor Cabang", sehingga akan ditambahkan rule routing baru secara otomatis.

IPSec untuk L2TP Server

Untuk menambah tingkat keamanan kita akan memadukan L2TP dengan IPSec. Pilih pada menu IP -> IPSec. Kemudian kita akan melakukan setting terlebih dahulu pada tab 'IPsec Proposal'. Pada parameter yang tersedia kita isikan seperti tampilan gambar berikut.



Selanjutnya kita melakukan setting pada Tab 'IPSec Policy'. Tambahkan juga parameter seperti pada tampilan berikut.





Setelah konfigurasi pada Tab 'IPSec Proposal' dan 'IPSec Policy' telah dilakukan, kita akan melanjutkan konfigurasinya pada Tab 'IPSec Peer'. Isikan sesuai dengan parameter seperti pada tampilan gambar berikut.





Nah, konfigurasi IPSec untuk L2TP Server sudah selesai.

L2TP Client

Setelah kita melakukan setting pada sisi L2TP Server, kita akan membuat L2TP Client. Untuk L2TP client kita tinggal melakukan dial ke L2TP server. Pilih menu PPP -> Klik Add [+] -> L2TP Client. Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut.



Isikan parameter yang ada. Diantaranya 'Connect To' kita isikan dengan IP Public dari router di kantor pusat yang menjadi L2TP server. Kemudian parameter 'User & Password' kita isikan seperti konfigurasi 'Secret' di L2TP Server sebelumnya.


IPSec untuk L2TP Client

Sebelumnya kita sudah melakukan konfigurasi IPSec untuk L2TP Server. Dan sekarang kita juga akan melakukan konfigurasi untuk sisi L2TP Client. Pada dasarnya parameter yang digunakan antara IPSec baik sisi L2TP Server maupun Client sama, namun kita akan sedikit melakukan perubahan yaitu pada parameter IP Address.
Pada Tab 'IPSec Proposal' tidak ada perbedaan dengan konfigurasi IPsec untuk L2TP Server.



Kemudian untuk selanjutnya pada Tab 'IPSec Policy' kita akan mengganti IP Address dan untuk parameter yang lain kita samakan dengan IPsec di sisi L2TP Server.





Setelah kita setting 'IPSec Policy' maka kita akan melakukan setting juga untuk 'IPsec Peer'. Kita juga tinggal mengganti IP Address dan set parameter yang lain seperti halnya pada IPsec di sisi L2TP Server.





Nah, terakhir kita akan memerikasa apakah koneksi L2TP telah tersambung atau belum. Apabila konfigurasi benar dan tersambung maka akan tercantum pada info 'Status : Connected' serta akan muncul sebuah interface baru dari L2TP

Interkoneksi Jaringan antara Kantor Pusat dengan Kantor Cabang

Jika koneksi L2TP telah terbentuk, saatnya kita akan melakukan setting untuk interkoneksi jaringan lokal melalui L2tp. Pada contoh kali ini, kita mempunyai jaringan local untuk 'Kantor Pusat' dengan segment 192.168.1.0/24 dan pada 'Kantor Cabang' dengan segment 192.168.88.0/24.
Secara otomatis apabila koneksi L2TP terbentuk akan ditambahkan pada menu /IP Address yaitu kombinasi dari "Local Address' dan "Remote Address" sesuai dengan konfigurasi Secret di L2TP Server sebelumnya. Agar jaringan local dari kedua sisi bisa saling komunikasi kita harus menambhakan rule routing baru. Penambahan rule tersebut harus dilakukan di kedua sisi baik di kantor pusat maupun di kantor cabang. Khusus untuk kantor pusat secara otomatis akan ditambahkan rule routing, karena kita sebelumnya telah menambahkan pada parameter 'Route' di L2TP Server pada konfigurasi Secret. Nah, untuk disisi client kita tambahkan secara manual seperti pada tampilan berikut.





Langkah terakhir untuk pengecekan apakah konfigurasi berjalan dengan baik, kita bisa melakukan traceroute atau ping dari PC/Laptop dari jaringan local di Kantor pusat ke kantor cabang dan juga bisa sebaliknya. Sebagai catatan, agar IPSec bisa berjalan dengan baik pastikan setting waktu kedua router sesuai dengan kondisi real-time. Perbedaan informasi waktu pada router dapat mengakibatkan kegagalan interkoneksi IPSec.




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan