username
password
daftar | lupa password  
Keranjang Belanja | Detail
barang, Rp ,-
Di luar PPN, diskon %
 
Cari produk:
 
Halaman Muka
Produk
Voucher MUM
Lisensi (dgn DOM)
Lisensi (tanpa DOM)
Upgrade Lisensi
Cloud Router Switch
Interface
Switch
MikroBits Switch
RouterBoard (only)
Router Indoor
Wireless Indoor NEW
Router Outdoor
RouterBoard 2011
RouterBoard 3011
MikroBits Aneto
MikroBits Ainos
MikroBits Celoica
MikroBits Dinara NEW
Cloud Core Router
Wireless Indoor 800
Wireless Outdoor 800
Wireless Indoor 493
Wireless Indoor 433
Wireless Outdoor 433
Wireless Outdoor 435
Wireless Indoor 411
Wireless Outdoor 411
Wireless Outdoor 900
Wireless Outdoor 711
Groove
Metal
Embedded 2.4GHz
Embedded 5.xGHz
Indoor Antenna
RF Ellements
Outdoor Antenna
SFP Transceiver
Mikrobits Fiber Patch
NetProtector NEW
Perlengkapan Lain
Discontinued
Rancang Sendiri
Aplikasi Bantu
Pelatihan
Manual & Dokumentasi
Download Area
Artikel
Tips & Trik
Mikrotik @ Media
Fitur & Penggunaan
Tentang Kami
Aturan & Tata Cara
Layanan Pelanggan
BGP-Peer NEW
Kontak Kami
 
 
 

Artikel

Management Bridge Client

Kategori: Fitur & Penggunaan
Share


Routerboard MikroTik adalah sebuah perangkat yang memiliki fungsi dasar sebagai router yang menghubungkan antar jaringan dengan segment yang berbeda. Selain fungsi tersebut juga terdapat fungsi-fungsi yang ditambahkan untuk pengelolaan jaringan. Diantaranya adalah Firewall, Bridge, Switch, Management Bandwith (QoS), Proxy, Hotspot, Network Monitoring, dll.
Ketika MikroTik berjalan sebagai router, maka kita dapat melakukan managemen jaringan seperti filtering akses dari client, NAT, dan juga mengelola bandwith (QoS) untuk setiap client. Namun bagaimana jika router tersebut difungsikan sebagai bridge yang mana client-client yang terhubung merupakan satu segment yang sama. Secara logika jika komunikasi masih didalam segment yang sama, maka setiap client bisa langsung saling komunikasi tanpa adanya proses routing. Apabila demikian, bagaimana caranya kita melakukan mangement pada client-client tersebut seperti menggunakan fitur firewall, montoring client, NAT, dll?
Ternyata pada fungsi bridge di Router MikroTik telah ditambahkan fitur secara khusus untuk melakukan management client. Diantaranya adalah fungsi Filter, NAT, Host Monitoring. Selain itu kita juga bisa melakukan konfigurasi dengan memilih opsi 'Use IP Firewall' pada 'Tab Settings'. Dengan demikian kita bisa mengelola trafik-trafik dari client yang terhubung pada port bridge dengan melalui fitur Firewall.



Packet Flow
| Bridging dengan 'Use IP Firewall'

Bridge Filter

Sebenarnya ada dua pilihan yang dapat digunakan untuk filtering akses pada fungsi bridge. Kita bisa menggunakan 'Bridge Filters' atau 'Firewall Filter'. Namun, kita bisa mendapatkan parameter pengaturan lebih lengkap jika menggunakan firewall filter. Untuk mengaktifkannya kita pilih Settings -> centang opsi 'Use IP Firewall'.



Kemudian untuk implementasi filtering seperti pada umumnya. Namun untuk penentuan parameter interfacenya (baik in-interface atau out-interface), kita tidak bisa menggunakan Physical Interface lagi namun menggunakan Logical Interface, yaitu interface 'Bridge'.
Sebagi contoh kita akan melakukan blocking sebuah perangkat client untuk mengakses sebuah server file lokal yang sama-sama terkoneksi ke interface bridge.



Diatas adalah gambaran topologinya supaya lebih mudah untuk memahami. Kemudian berikut ini adalah konfigurasi yang dilakukan pada router.



Apabila kita menggunakan menu 'Bridge Filter' kita bisa menentukan baik menggunakan Physical Interface maupun Logical interface. Namun, untuk penentuan client/perangkat, secara default kita menggunakan 'MAC Address'. Untuk konfigurasinya pilih menu Bridge -> Filters -> Add [+].




Bridge NAT

Untuk NAT tidak ada perbedaan seperti halnya Filter, kita bisa menggunakan baik 'Bridge NAT' ataupun 'Firewall NAT'. Kita tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan jaringan kita.



Fitur NAT pada menu Bridge -> NAT







Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan

 

muka - tentang kami - produk - artikel - kontak kami
 
Copyrights 2005-2017 Citraweb Nusa Infomedia. All Rights Reserved. Generated in 0.0104 second(s).
Your IP: 54.162.96.196