by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
aturan | tentang kami | kontak kami

Artikel

Limitasi Bandwidth Berdasarkan Waktu

Kategori: Tips & Trik

Simple queue merupakan metode management bandwidth yang paling sederhana. Cara konfigurasi yang mudah dan hasil yang cukup efektif. Namun terkadang kita sebagai admin jaringan menginginkan management bandwidth custom yang fleksibel. Misalnya melakukan limitasi bandiwtdh berdasarkan waktu. Jika dibayangkan sepertinya membutuhakn konfigurasi yang kompleks, namun ternyata konfigurasi yang harus dibuat cukup simple.

Contoh kasus misalnya kita akan melakukan limitasi bandwidth dengan ketentuan sebagai berikut :

Bagi kita yang jarang memperhatikan fitur kecil mungkin berpikir untuk kebutuhan diatas kita akan butuh scheduler. Akan tetapi sebenarnya kita tidak butuh fitur scheduler, ada parameter time didalam simple queue. Parameter ini digunakan untuk menentukan kapan rule akan aktif. Untuk kebutuhan yang sudah disebutkan diatas, maka kita bisa membuat konfigurasi seperti berikut.

Pertama, buat rule untuk melakukan limitasi bandwidth pada jam kerja, dimana dialokasikan bandiwdth sebesar 512kbps, asumsikan misalnya ip address client yang akan dilimit adalah 192.168.230.254. Dibagian bawah jendela konfigurasi simple queue terdapat parameter Time. Disinilah kita menentukan kapan rule queue akan berjalan.


Selanjutnya buat rule untuk melakukan limitasi pada hari kerja, setelah jam kerja, artinya queue akan berjalan dari jam 17:00 sore sampai jam 08:00 pagi. Ternyata range waktu pada parameter simple queue tidak bisa berjalan melewati pergantian hari, jadi tidak bisa diisi dengan nilai 17:00:01 - 07:59:59. Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa membuat dua queue. Queue yang berjalan dari jam 17:00 sampai tengah malam, dan queue dari tengah malam sampai pagi. Contoh konfigurasi


Dan yang terakhir, kita buat queue untuk weekend dengan memilih opsi hari sabtu dan minggu. Hasil akhir setting.


Secara visual ada beberapa rule yang berwarna merah. Jangan khawatir, bukan berarti rule tersebut salah atau error, namun karena parameter time belum tercapai.


Jika kita coba konek ke internet pada jam 5 pagi, maka queue yang dijalankan adalah queue lembur malam, dimana client akan mendapatkan bandiwdth sampai 1 Mbps.

Pada contoh implementasi diatas, kita menggunakan satu ip address client sebagai target. Jika client yang dihandle cukup banyak, kita bisa kombinasikan parameter time dengan fitur PCQ.





Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Tips & Trik