by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
aturan | tentang kami | kontak kami

Artikel

Troubleshoot Remote RB850Gx2

Kategori: Fitur & Penggunaan

MikroTik memiliki berbagai macam jenis produk Routerboard mulai dari Router Indoor, Wireless Outdor, AP (Access Point), Switch, dll. Dari semua jenis produk tersebut untuk operating system yang dipakai adalah RouterOS, khusus produk switch seperti RB260Series memakai SwOS. Nah, mungkin diantara kita sudah terbiasa melakukan konfigurasi dari RouterOS ini. Dan sering digunakan oleh kebanyakan orang melakukan konfigurasi melalui remote dengan aplikasi Winbox. Namun, ada produk routerboard yang sedikit berbeda untuk konfigurasi awal. Mungkin kita baru saja membeli produk tersebut dan ingin melakukan konfigurasi seperti kebutuhan jaringan yang ada. Biasanya di awal kita remote routerboard dan kemudian me-remove konfigurasi default dari routerboard.

Khusus produk RB850Gx2 kita tidak bisa melakukan konfigurasi awal seperti Routerboard yang lain. Ada sedikit cara yang berbeda untuk konfigurasi diawal. Lalu, bagaimana kah langkah-langkahnya?


Remote Router dengan Mac Address

Apabila pada router yang lain untuk melakukan remote dengan MAC Address, kita tinggal setting IP Static pada Laptop/PC yang akan digunakan untuk me-remote dan pilih MAC Address perangkatnya yang muncul di Winbox, klik Connect.

Namun, untuk produk RB850Gx2 ini kita tidak bisa langsung melakukan remote memakai Winbox. Terlebih dahulu kita akan menggunakan aplikasi Neighbour Viewer dan MAC Telnet. Untuk aplikasi ini bisa kita download disini. Langkah pertama kita hubungkan terlebih dahulu RB850Gx2 yang ingin kita konfigurasi menggunakan kabel UTP ke Laptop/PC. Selanjutnya buka aplikasi Neighbour Viewer yang telah kita download tadi. Secara otomatis aplikasi tersebut akan mendeteksi perangkat dengan menampilkan informasi MAC Address, IP Address, Identity, Versi ROS, dan Platform dari perangkat RB850Gx2 tersebut.

Setelah muncul tampilan seperti diatas, klik pada tombol MAC Telnet. Mka kan muncul tampilan console untuk melakukan remote dari router tesebut. Masukkan autentikasi default dari MikroTik, yaitu username=admin dan password=[kosong].

Nah, setelah muncul halaman dari RouterOS seperti diatas, kita akan menambahkan IP Address pada salah satu interface di router RB850Gx2. Misalnya sebagai contoh kita akan tambahkan pada Ether2 router dengan IP Address 172.16.1.1/24.

Remote router dengan Winbox

Setelah kita tambahkan IP Address menggunakan aplikasi Neighbour Viewer & MAC Telnet, baru kita bisa melakukan remote router RB 850Gx2 menggunakan aplikasi winbox dengan menghubungkan ke ether2. Untuk melakukan remote Anda gunakan IP address yang telah kita pasang pada router tadi. Dan tentunya dengan syarat kita juga telah melakukan konfigurasi IP Address pada PC/Laptop yang kita gunakan untuk meremote. Misal, kita konfigurasi IP Address yang satu segment.

Sampai langkah ini kita sudah bisa melakukan remote router menggunakan aplikasi winbox dan bisa melakukan konfigurasi sesuai yang kita inginkan.







Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan