by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
aturan | tentang kami | kontak kami

Artikel

Universal Plug and Play (uPnP)

Kategori: Fitur & Penggunaan

MikroTik RouterOS telah mensupport sebuah fitur yaitu Universal Plug and Play untuk koneksi jaringan peer-to-peer dari perangkat-perangkat yang ada. Sehingga dengan fitur ini memungkinkan untuk melakukan komunikasi data antara perangkat-perangkat yang terkoneksi secara dinamic. Jadi secara otomatis perangkat tersebut melakukan discovery dan bergabung ke jaringan tanpa perlu konfigurasi secara manual.

Ada dua jenis interface yang digunakan dalam uPnP, yaitu Internal (Interface dimana client local terhubung) dan eksternal (interface diamana link ke internet terhubung). Sehingga pada sebuah router bisa jadi memiliki 1 innterface eksternal dengan satu IP Public , dan ada beberapa internal interface sebagaimana kebutuhan jaringan lokal yang ada, dan semua menggunakan source-NAT "Internal' IP Address.

Fitur uPnP sudah banyak digunakan pada perangkat/aplikasi saat ini, seperti kebanyakan DirectX game, serta berbagai macam apliaksi networking, sosial dan hiburan (remote assistance, file transfer, voice, video).

Konfigurasi uPnP di MikroTik

Untuk konfigurasi uPnP di MikroTik sendiri sangat mudah. Sebagai contoh kasus dibawah ini ada sebuah topologi yang mana jaringan LAN akan kita bangun menggunakan fitur uPnP (Universal Plug and Play).

Pertama, kita akses router dan masuk ke menu IP -> uPnP. Kemudian akan muncul tampilan dialog box seperti gambar dibawah ini. Kita tinggal mencentang opsi 'Enabled' untuk mengaktifkan fitur uPnP pada MikroTik.


Kedua, kita juga harus menentukan interface yang ada pada router apakah sebagai 'Internal interface' atau 'External Interface'. Untuk mengaturnya kita klik pada tombol command 'Interface'. 

Selanjutnya, tambahkan masing-masing interface router yang terhubung ke internet (Public) maupun LAN dengan menentukan apakah sebagai 'Internal Interface' atau 'External Interface.

Sampai langkah ini fitur uPnP bisa kita pergunakan untuk membangun jaringan secara 'Plug and Play'.Sebagai catatan, perlu dipastikan juga bahwa perangkat atau aplikasi yang akan digunakan pada jaringan LAN sudah mendukung fitur Universal Plug and Play (uPnP).






Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan