by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
aturan | tentang kami | kontak kami

Artikel

Sinkronisasi Waktu Otomatis di Routerboard

Kategori: Fitur & Penggunaan

Bagi kita yang sering menggunakan fitur scheduler atau juga parameter time shingga kita bisa melakukan management terhadap koneksi user berdasarkan waktu yang telah kita tentukan. Supaya fungsi ini dapat berjalan dengan baik maka sangat erta kaitannya dengan konfigurasi router pada menu "system --> clock". Sebagaimana yang kita ketahui routerboard tidak memiliki sebuah komponen yang dapat menyimpan konfigurasi waktu secara real-time baik ketika posisi offline maupun online. Apabila pada perangkat PC/Laptop kita mengenal dengan istilah baterai CMOS.

Nah, khusus untuk routerboard sinkronisasi waktu bisa dilakukan ketika router sedang online atau terkoneksi ke internet. Sudh dibahas pada artikel sebelumnya kita bisa menggunakan fitur SNTP Client yang mana dengan fitur ini kita bisa melakukan sinkronisasi waktu dengan mengacu pada SNTP server yang ada di internet. Untuk pembahasan konfigurasi SNTP Client bisa kita lihat disini.

Sebetulnya mulai pada versi RouterOS 6.14 sudah ditambahkan sebuah fungsi untuk update waktu secara otomatis, yaitu Cloud Time Update. Fungsi ini terdapat pada menu IP --> Cloud. Kita bisa melakukan update waktu dengan sinkronisasi server cloud di mikrotik.com. Walaupun demikian kita juga harus setting secara manual untuk 'Time Zone' agar sesuai dengan kondisi real-time pada wilayah/daerah kita. Akan tetapi setidaknya kita tidak perlu lagi untuk setting manual menggunakan SNTP Client.


Namun, fungsi ini baru bisa kita gunakan untuk sinkronisasi waktu router secara otomatis pada versi 6.27. Pada versi ini ditambahkan sebuah opsi baru yaitu Time Zone Autodetect.

Secara default opsi 'Time Zone Autodetect' ini akan aktif. Untuk menyesuaikan Zona waktu secara otomatis, fungsi ini akan bergantung pada IP Public yang digunakan pada routerboard dan juga dari commercial database di mikrotik.com.

IMPLEMENTASI TIME PADA FIREWALL FILTER

Selanjutnya kita akan mencoba membuat sebuah rule firewall filter dengan parameter time yang mana rule ini akan aktif sesuai dengan waktu yang kita tentukan. Sebagai contoh disini kita akan membatasi akses website pada pukul 07.26 - 07.30 pagi setiap harinya. Maka dari itu pada rule di firewall filter kita settting parameter time sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Rule tersebut akan melakukan pengecekan apakah waktu pengaktifan rule tersebut sudah sesuai dengan System Clock Router. Jika belum sesuai maka status rule akan "inactive".


Dan ketika sudah memasuki waktu yang telah kita definisikan, maka status rule akan berubah.






Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan