username
password
daftar | lupa password  
Keranjang Belanja | Detail
barang, Rp ,-
Di luar PPN, diskon %
 
Cari produk:
 
Halaman Muka
Produk
Voucher MUM
Lisensi (dgn DOM)
Lisensi (tanpa DOM)
Upgrade Lisensi
Cloud Router Switch
Interface
Switch
MikroBits Switch
RouterBoard (only)
Router Indoor
Wireless Indoor NEW
Router Outdoor
RouterBoard 2011
RouterBoard 3011
MikroBits Aneto
MikroBits Ainos
MikroBits Celoica
MikroBits Dinara NEW
Cloud Core Router
Wireless Indoor 800
Wireless Outdoor 800
Wireless Indoor 493
Wireless Indoor 433
Wireless Outdoor 433
Wireless Outdoor 435
Wireless Indoor 411
Wireless Outdoor 411
Wireless Outdoor 900
Wireless Outdoor 711
Groove
Metal
Embedded 2.4GHz
Embedded 5.xGHz
Indoor Antenna
RF Ellements
Outdoor Antenna
SFP Transceiver
Mikrobits Fiber Patch
NetProtector NEW
Perlengkapan Lain
Discontinued
Rancang Sendiri
Aplikasi Bantu
Pelatihan
Manual & Dokumentasi
Download Area
Artikel
Tips & Trik
Mikrotik @ Media
Fitur & Penggunaan
Tentang Kami
Aturan & Tata Cara
Layanan Pelanggan
BGP-Peer NEW
Kontak Kami
 
 
 

Artikel

Management Bandwith VPN User

Kategori: Tips & Trik
Share


Pengelolaan penggunaan bandwith merupakan sebuah hal yang penting. Dengan ini kita bisa menghindari monopoli penggunaan bandwith. Sehingga penggunaan bandwith bisa kita atur secara merata atau bisa juga kita gunakan untuk memberikan prioritas-prioritas kepada user tertentu.

Lalu, bagaimana jika user tersebut adalah pengguna koneksi VPN dari jaringan kita. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan, yaitu secara Dinamic dan juga Static. Untuk metode dinamic telah kita bahas di artikel sebelumnya disini.
Dengan metode dinamic ini ketika ada user VPN login maka akan diberikan jatah bandwith seperti yang kita tentukan. Hal ini mungkin cukup mudah jika user VPN tersebut tidak terlalu banyak dan cenderung bersifat statis.

Apabila user VPN tersebut banyak dan bersifat mobile akan terasa sulit bagi kita membagi berapa bandwith yang pas untuk setiap user tersebut. Apalagi jika User VPN tersebut terbagi menjadi beberapa akun dan setiap akun memiliki network yang berbeda-beda.

Sebagai contoh kasus user VPN dengan akun A berjalan di network 1.1.1.0/24, akun B dengan network 2.2.2.0/24, dan akun C dengan network 3.3.3.0/24. Dan masing-masing akun akan mendapatkan alokasi bandwith berbeda-beda. Untuk akun A -> 128kbps, akun B -> 256kbps, akun C -> 512kbps. Alokasi bandwith tersebut akan dibagi secara merata pada tiap network. Ketika ada penambahan maupun pengurangan VPN User secara otomatis router akan membagi bandwith secara merata dan ini juga dapat memaksimalkan pemakaian bandwith yang ada.



Konfigurasi VPN

Konfigurasi pertama kita akan membuat 'IP Pool' untuk alokasi IP Address masing-masing akun dari VPN. Masuk ke menu IP -> Pool -> klik Add [+].



Setelah kita membuat IP Pool selanjutnya kita aktifkan service VPN. Kali ini service VPN yang akan digunakan adalah PPTP. Untuk mengaktifkan masuk ke menu PPP -> Interface -> klik tombol command 'PPTP Server'. Kemudian centang opsi 'Enabled'.



Kemudian kita buat profile baru untuk akun VPN A, B, dan C. Pada menu yang sama pilih Tab 'Profiles'. Pengaturan profile ini akan kita gunakan untuk mendefinisikan parameter 'Remote Address' di secret. Sehingga alokasi IP Address untuk user bisa secara otomatis sesuai dengan network yang kita tentukan.







Nah, pada akhirnya nanti kita memeliki 3 profile baru untuk masing-masing akun VPN.



Langkah selanjutnya kita buat akun untuk user VPN. Pembuatannya pada Tab 'Secret'.








Sehingga akan terdapat 3 akun VPN untuk konkesi PPTP, yaitu A, B, dan C.



Konfigurasi Queue untuk Manajemen Bandwith

Setelah kita melakukan konfigurasi pada VPN server, selanjutnya kita akan membuat management bandwith menggunakan simple queue.



Pengetesan

Kita akan melakukan pengetesan apakah konfigurasi kita dapat berjalan dengan baik. Untuk pengetesan ini menggunakan bandwith test dari perangkat PC/Laptop yang terhubung ke jaringan VPN yang telah kita buat tadi.

Ketika ada user VPN yang menggunakan akun A dan di coba melakukan test bandwith, maka jika konfigurasi berjalan dengan baik, limitasi queue akan menggunakan limitasi-VPN-A dengan alokasi bandwith sesuai ketentuan sebelumnya.



Test limitasi Akun A

Hal tersebut juga akan sama ketika ada user VPN yang terkoneksi denan akun B dan C. Masing-masing akan mendapatkan limitasi bandwith sesuai dengan yang kita tentukan sebelumnya.



Test Limitasi Akun B




Test Limitasi Akun C





Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Tips & Trik

 

muka - tentang kami - produk - artikel - kontak kami
 
Copyrights 2005-2017 Citraweb Nusa Infomedia. All Rights Reserved. Generated in 0.0101 second(s).
Your IP: 174.129.120.155