by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
aturan | tentang kami | kontak kami

Artikel

Upgrade RouterOS dengan The Dude

Kategori: Tips & Trik

Sebuah aplikasi monitoring jaringan yang dikembangkan oleh MikroTik yaitu 'The Dude'. Dengan adanya pembaruan system pada the dude yang pada saat ini terdiri dari 2 versi yaitu the dude server dan the dude client. Berbeda dengan versi yang lama dimana the dude dapat berjalan di lokal PC yang menjadi server sekaligus client, namun untuk versi yang baru ini kita harus melakukan instalasi the dude server pada perangkat routerboard jenis TILE (CCR), x86, ARM. Dan untuk the dude client di install pada perangkat lokal PC.

Mengenai instalasi bisa dilihat pada artikel sebelumnya disini. Dan kali ini kita akan membahas sebuah fungsi the dude selain untuk monitoring yaitu kita bisa melakukan upgrade versi dari routerboard dari the dude. Ini merupakan sebuah fungsi yang sudah lama terdapat di aplikasi the dude. Namun, pada versi yang lama fitur ini masih belum bisa digunakan karena ada beberapa masalah pada sistem the dude. Dan pada versi baru kali ini MikroTik telah melakukan beberapa perbaikan pada the dude termasuk fitur upgrade RouterOS. Nah, dengan fungsi ini lebih memudahkan kita untuk melakukan upgrade system secara terpusat.

Upgrading RouterOS

Langkah pertama, kita akan upload file system dari routerboard ke the dude server. Untuk upload pilih menu Files --> Packages --> Add [+].

Setelah berhasil diupload, kita akan melakukan upgrade routerboard yang telah kita tentukan. Mungkin untuk jaringan yang besar akan banyak macam perangkat yang terdaftar di aplikasi the dude. Nah, untuk mempermudah pencarian perangkat dari MikroTik aplikasi the dude sudah membuat sebuah list khusus untuk perangkat MikroTik.

Jadi untuk langkah kedua, kita pilih menu Device --> RouterOS. Disitu akan tertampil daftar perangkat Mikrotik yang ada pada jaringan. Kita tinggal pilih perangkat mana yang akan kita upgrade versinya.

 

Bisa juga menggunakan opsi Force Upgrade jika terdapat beberapa routerboard dengan arsitektur & versi yang sama yang mana dalam kasus ini the dude akan menganggap perngakt tersebut sudah ter-update dengan versi yang kita pilih.





Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Tips & Trik