by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
aturan | tentang kami | kontak kami

Artikel

Port Based VLAN pada MikroBits Switch - Sierra

Kategori: Fitur & Penggunaan

Port-based VLAN merupakan fitur dimana mampu membuat segmen yang berbeda dalam satu switch, standart single physical switch dijadikan multiple logical switches. Hampir mirip dengan VLAN berbasis vlan-id, hanya saja lebih sederhana secara konfigurasi dan implementasi.

Contoh Kasus

Misalkan kita memiliki 2 segmen jaringan namun semua host terkoneksi ke switch yang sama, padahal switch biasanya hanya menghandle interkoneksi jaringan satu segmen. Dengan konfigurasi standart, implementasi seperti ini merupakan contoh jaringan yang tidak sehat. Trafik tidak dapat ter-manage dengan baik. Maka kita bisa menggunakan fitur VLAN berbasis port. Contoh topologi


Implementasi pada MikroBits Switch Sierra

Yang pertama kali harus dilakukan adalah menentukan vlan-mode menjadi berbasis port, bukan berdasarkan vlan-id. Setting ini bisa dilakukan di menu VLAN-Mode pada web-base MikroBits Sierra.


Selanjutnya, tentukan port yang akan digunakan pada implementasi vlan pada menu VLAN Member. Sesuai topologi gambar pertama, kita akan membagi 2 segmen jaringan pada satu switch. Asumsikan segmen pertama terkoneksi melalui port 1 sampai 5, dan segmen jaringan kedua terkoneksi melalui port 9 sampai 13.

Buat nama dan port yang digunakan oleh segmen jaringan pertama, misal kita buat LAN_1, dan centang opsi port 1 sampai 5. kemudian klik tombol Add.


Lakukan hal yang sama untuk port yang akan digunakan segmen jaringan yang kedua, misal kita beri nama LAN_2. Dengan port member 9 sampai 13.


Hasil akhir setting bisa dilihat dibagian bawah menu vlan-member yang menampilkan vlan yang ada serta port yang menjadi member vlan tersebut.


Dengan demikian setiap host yang terkoneksi ke port 1 - 5 menggunakan segmen LAN 1, sedangkan host yang terkoneksi ke port 9 - 13 menggunakan segmen LAN 2. Masing - masing segmen tidak bisa saling interkoneksi karena tidak ada proses routing, hanya membagi satu switch fisik menjadi 2 segmen logic.





Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan