username
password
daftar | lupa password  
Keranjang Belanja | Detail
barang, Rp ,-
Di luar PPN, diskon %
 
Cari produk:
 
Halaman Muka
Produk
Voucher MUM
Lisensi (dgn DOM)
Lisensi (tanpa DOM)
Upgrade Lisensi
Cloud Router Switch
Interface
Switch
MikroBits Switch
RouterBoard (only)
Router Indoor
Wireless Indoor NEW
Router Outdoor
RouterBoard 2011
RouterBoard 3011
MikroBits Aneto
MikroBits Ainos
MikroBits Celoica
MikroBits Dinara NEW
Cloud Core Router
Wireless Indoor 800
Wireless Outdoor 800
Wireless Indoor 493
Wireless Indoor 433
Wireless Outdoor 433
Wireless Outdoor 435
Wireless Indoor 411
Wireless Outdoor 411
Wireless Outdoor 900
Wireless Outdoor 711
Groove
Metal
Embedded 2.4GHz
Embedded 5.xGHz
Indoor Antenna
RF Ellements
Outdoor Antenna
SFP Transceiver
Mikrobits Fiber Patch
NetProtector NEW
Perlengkapan Lain
Discontinued
Rancang Sendiri
Aplikasi Bantu
Pelatihan
Manual & Dokumentasi
Download Area
Artikel
Tips & Trik
Mikrotik @ Media
Fitur & Penggunaan
Tentang Kami
Aturan & Tata Cara
Layanan Pelanggan
BGP-Peer NEW
Kontak Kami
 
 
 

Artikel

Review SXT LTE

Kategori: Mikrotik @ Media
Share


Produk wireless router Mikrotik identik dengan penggunaan wireless standart 802.11 A/B/G/N dan 802.11 AC. Namun tahukan Anda saat ini MikroTik meluncurkan produk baru dengan menggunakan standart LTE. Produk baru ini bernama SXT LTE. Perangkat embedded wireless yang dapat digunakan sebagai modem LTE di outdoor area.


Produk SXT LTE memiliki slot ukuran Mini SIM, dimana kita bisa memasang SIM card langsung slot yang ada pada board. Langkah implementasi SXT LTE cukup mudah, pertama pasang sim card pada saat routerboard masih dalam kondisi mati. Setelah terpasang dengan baik, baru kemudian nyalakan router, tunggu sampai router berhasil booting dengan sempurna. Setelah itu, kita bisa coba login ke router secara biasa, seperti remote router lainnya. Jika SIM card terdetect dengan baik, otomatis akan muncul interface LTE pada router.


Biasanya status awal akan berwarna merah dengan informasi "PLMN search in progress", artinya SXT LTE sedang mencoba interkoneksi dengan jaringan LTE. Cukup ditunggu hingga status menjadi "R".


Dari hasil testing kami menggunakan provider 4G di indonesia, tidak perlu mengisi username, password, dan parameter lain. Otomatis SXT LTE dapat terkoneksi ke jaringan LTE tanpa setting yang terlalu rumit. Setelah status interface LTE menjadi "R", centang opsi "Add Default Route" dan "Use Peer DNS" agar router dapat terkoneksi ke Internet.


Dengan mencentang opsi "Add Default Route" dan "Use Peer DNS" maka router akan mendapatkan informasi default gateway dan DNS otomatis dari provider.


Setelah tahap ini selesai, coba ping ke internet dari router untuk memastikan bahwa router sudah dapat terkoneksi ke internet. Jika koneksi internet dari jaringan LTE hendak di-share ke jaringan LAN, jangan lupa untuk membuat rule NAT Masquerade dengan out-interface LTE. Setting selanjutnya sama seperti setting ketika mengkoneksikan jaringan LAN ke internet biasanya.

Catatan :

Percobaan yang sudah dilakukan menggunakan Telkomsel, Indosat, dan XL dengan hasil terdetect dan terkoneksi dengan baik. Untuk saat ini SXT LTE belum support GSM dan 3G, juga belum support 4G Smartfren.





Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Mikrotik @ Media

 

muka - tentang kami - produk - artikel - kontak kami
 
Copyrights 2005-2017 Citraweb Nusa Infomedia. All Rights Reserved. Generated in 0.01 second(s).
Your IP: 174.129.120.155