by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
aturan | tentang kami | kontak kami

Artikel

Load Test Routerboard RB333

Kategori: Fitur & Penggunaan

Di lingkungan Mikrotik pada tahun 2007 ini, tidak ada kabar yang lebih menggembirakan selain diluncurkannya produk baru Routerboard, yaitu Routerboard RB333. Produk ini menjawab kebutuhan perangkat wireless dengan processor yang lebih cepat, sehingga mampu menyalurkan data dengan bps dan pps yang lebih besar dari produk-produk sebelumnya.



RB333 diluncurkan dan diposisikan sebagai small AP ataupun sebagai CPE yang berkemampuan besar. Dilengkapi dengan 3 buah slot minipci dan 3 buah ether port, sehingga cukup leluasa juga dijadikan perangkat repeater ataupun alat yang menggunakan 2 atau 3 interface wireless.



Perangkat routerboard sebelumnya menggunakan prosesor MIPS. RB333 menggunakan prosesor generasi baru PowerPC E300 dengan CPU rate 266/333 MHz. Meskipun memiliki CPU rate yang sama dengan MIPS pada RB532, namun prosesor PowerPC ini terbukti mampu bekerja jauh lebih efektif ketimbang RB532. Performa RB333 semakin mantap dengan digunakannya co-processor QUICC Engine 175 MHz yang memungkinkan dibaginya beban prosesor utama, sehingga secara keseluruhan perangkat ini mampu bekerja jauh lebih baik ketimbang RB532.

Test ethernet to ethernet

Pada uji coba yang dilakukan oleh Mikrotik Indonesia terhadap RB333 ini, didapatkan performa yang cukup menggembirakan. Pada uji coba ethernet to ethernet, bisa dilalukan data sebesar UDP (besar) hingga (akumulatif) 160 mbps dengan CPU load yang stabil di 50%-60% (lihat gambar di bawah).



Sedangkan jika dilalukan paket data UDP kecil (size: 100), RB333 masih dapat dilewati hingga (akumulatif) 17.400 pps.



Untuk trafik TCP, jumlah data yang bisa dialirkan adalah (akumulatif) 80 mbps.



Wireless Test

Jika kita menggunakan wireless, memang besarnya data yang bisa dilewatkan tidaklah sebesar jika kita menggunakan ethernet. Namun, tetap hasil test yang kami alami ini cukup menggembirakan, dan secara keseluruhan jauh lebih baik dari kemampuan RB532r5.

Dengan menggunakan dua buah interface wireless, kita bisa mendapatkan throughput data UDP besar hingga (akumulatif) 80 mbps.



Sedangkan untuk tipe data UDP kecil (size: 100), kita mendapatkan throughput hingga 8450 pps.



Dan untuk trafik TCP, kita bisa mendaptkan data yang dilewatkan hingga (akumulatif) 64 mbps.






Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan