username
password
daftar | lupa password  
Keranjang Belanja | Detail
barang, Rp ,-
Di luar PPN, diskon %
 
Cari produk:
 
Halaman Muka
Produk
Voucher MUM
Lisensi (dgn DOM)
Lisensi (tanpa DOM)
Upgrade Lisensi
Cloud Router Switch
Interface
Switch
MikroBits Switch
RouterBoard (only)
Router Indoor
Wireless Indoor NEW
Router Outdoor
RouterBoard 2011
RouterBoard 3011
MikroBits Aneto
MikroBits Ainos
MikroBits Celoica
MikroBits Dinara NEW
Cloud Core Router
Wireless Indoor 800
Wireless Outdoor 800
Wireless Indoor 493
Wireless Indoor 433
Wireless Outdoor 433
Wireless Outdoor 435
Wireless Indoor 411
Wireless Outdoor 411
Wireless Outdoor 900
Wireless Outdoor 711
Groove
Metal
Embedded 2.4GHz
Embedded 5.xGHz
Indoor Antenna
RF Ellements
Outdoor Antenna
SFP Transceiver
Mikrobits Fiber Patch
NetProtector NEW
Perlengkapan Lain
Discontinued
Rancang Sendiri
Aplikasi Bantu
Pelatihan
Manual & Dokumentasi
Download Area
Artikel
Tips & Trik
Mikrotik @ Media
Fitur & Penggunaan
Tentang Kami
Aturan & Tata Cara
Layanan Pelanggan
BGP-Peer NEW
Kontak Kami
 
 
 

Artikel

Fitur IP Accounting di RouterOS Mikrotik

Kategori: Fitur & Penggunaan
Share


Router Mikrotik memiliki beberapa tool yang bisa digunakan untuk melakukan monitoring/pemantauan terhadap traffic yang lalu lalang di router. Semua tool tersebut dapat digunakan untuk memudahkan admin jaringan dalam melakukan pemantauan jaringan maupun pencatatan laporan penggunaan internet. Pemantauan berkala seperti rata-rata penggunaan bandwith perbulan sampai yang harus real time disediakan oleh Mikrotik.

Seperti tool satu ini, sebenarnya sudah lama ada di fitur RouterOS Mikrotik yaitu IP Accounting. Tool IP Accounting merupakan salah satu fitur yang digunakan untuk mencatat semua trafik IP yang melewati router. Fitur ini dapat mempermudah Admin jaringan dalam melakukan pemantauan traffic data yang digunakan oleh masing masing user, berdasarkan IP address yang terpasang di setiap user.

Konfigurasi yang bisa dilakukan cukup mudah, cukup dengan mengaktifkan saja fitur Accounting yang berada di menu IP => Accounting.

menu accounting

Cara aktivasinya dengan memberikan tanda cek (√) pada parameter enable accounting. Dengan melakukan hal tersebut secara system, IP Acounting di router Anda sudah aktif.

IP-accounting

Supaya IP Accounting router tersebut bisa di akses via web browser, aktifkan web access dengan masuk ke tombol web access kemudian berikan tanda cek(√) pada parameter Accessible via Web. Kemudian isikan parameter Address dengan IP address dari PC atau laptop yang digunakan untuk melakukan monitoring.

via web accounting

Cara akses hasil dari accounting, pertama Buka Browser kemudian tuliskan alamat "IProuter/accounting/ip.cgi" . Berikut Contoh tampilan dari akses via web browser. 

tampilan web

Selain tampilan web browser yang harus kita refresh untuk melihat traffic real timenya, sebenarnya bisa juga dilihat langsung di winbox dengan menekan tombol snapshot kemudian Take Snapshot.

take snapshot

Namun jika hanya melihat tampilan angka-angka seperti pada tampilan web access maupun Snapshot, pasti kurang di sukai atau kurang enak di pandang mata. Jika melihat data seperti itu lebih enak jika berbentuk Grafik apalagi bisa memiliki warna, agar tidak bosan untuk melihat. Untuk itu bisa menggunakan Aplikasi untuk merubah data angka tersebut menjadi sebuah grafik yang lebih enak dilihat.

Aplikasi IP Traffic memang ada beberapa, ada salah satu yang kita coba namanya Attix. Untuk download aplikasi Attix klik di sini .

Konfigurasi yang harus dilakukan sebelum menjalankan aplikasi Attix ini, pertama adalah melakukan setting pada file 'snifferservice.ini' dan sesuaikan dengan jaringan yang ada di Router.

sniffer service

Kemudian install file aplikasi dengan nama 'SnifferService.exe', setelah melakukan instalasi service 'sniffer' akan aktif, dengan meliki status 'Running'.

task manager

Hasil dari traffic data bisa dilihat jika Anda membuka aplikasi dengan nama file 'SniffViewer.exe' maka hasilnya akan seperti berikut.

hasil

Dengan Aplikasi ini tampilan data setiap client berdasarkan IP address bisa dilihat dengan tampilan yang lebih menarik.





Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan

 

muka - tentang kami - produk - artikel - kontak kami
 
Copyrights 2005-2017 Citraweb Nusa Infomedia. All Rights Reserved. Generated in 0.0046 second(s).
Your IP: 54.225.57.120