by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
aturan | tentang kami | kontak kami

Artikel

Perubahan Konfigurasi Mode Switch

Kategori: Fitur & Penggunaan

Mikrotik baru-baru ini mengeluarkan RouterOS versi Release Candidate yaitu versi 6.41rc44. Ada beberapa hal baru di versi tersebut yang mungkin akan diterapkan di versi RouterOS stable selanjutnya. Pengaturan Switch dengan menggunakan Master Port Interface sudah tidak ada lagi di versi tersebut. Kini konfigurasi yang menggunakan layer 2 disatukan pada menu Bridge. Sebelumnya kami pernah membahas mengenai perbedaan dari mode Bridge dan mode Switch pada artikel Perbedaan Bridge dan Switch.

Pada artikel sebelumnya, sudah dibahas mengenai perbedaan Bridge dan Switch yang sangat mendasar adalah jika Switch menggunakan Switch chip sehingga trafik yang dilewatkan tidak melalui Processor dan jika Bridge karena berbasis software trafik yang dilewatkan harus melewati CPU sehingga memungkinkan CPU load naik saat ada trafik lewat melalui bridge.

Di versi Release Candidate (rc) pada menu Bridge Port terdapat parameter baru yang di sebut "Hardware Offload". Parameter tersebut yang akan membedakan trafik akan dilewatkan melalui Switch Chip atau melalui Processor. 

Hardware offload

Tetapi perlu di ingat kembali Switch Chip hanya ada pada port ethernet tertentu tergantung dari routerboard masing-masing. Jika interface yang tidak support Switch Chip, meski kita centang parameter Hardware Offload tetap akan dilewatkan ke CPU.

Aktif atau tidaknya HW-Offload ini juga bergantung dari jenis switch-chip dan fitur lain yang diaktifkan pada RouterBoard, berikut tabel fitur yang berkaitan dengan hw-offload :
  • Jika fitur ini aktif, maka HW-Offload tidak bisa berjalan, walaupun telah dicentang
  • + Jika fitur diaktifkan, maka HW-Offload tetap dapat berjalan.

 RouterBoard/[Switch Chip] Model
 Features in Switch menu
 Bridge STP/RSTP
 Bridge MSTP
 Bridge IGMP Snooping
 Bridge VLAN Filtering
Bonding
 CRS3xx series
 +
 +
+
+
+
-
 CRS1xx/CRS2xx series
 +
+
-
+
-
-
 [QCA8337]
 +
+
-
-
-
-
 [AR8327]
 +
+
-
-
-
-
 [AR8227]
 +
+
-
-
-
-
 [AR8316]
 +
+
-
-
-
-
 [AR7240]
 +
+
-
-
-
-
 RB750Gr3 [MT7621]
 +
-
-
-
-
-
 RB1100AHx4 [RTL8367]
 +
-
-
-
-
-
 [ICPlus175D]
 +
-
-
-
-
-

Sebagai contoh, pada RouterBoard dengan switch chip type ICPlus175D maka hw-offload tidak dapat berjalan jika STP/RSTP pada bridge aktif, begitu seterusnya.

Sampai saat ini HW-Offload baru ada pada RoS versi RC, sedangkan pada versi stable release belum ada.




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan