by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
aturan | tentang kami | kontak kami

Artikel

Review RB760iGS

Kategori: Fitur & Penggunaan

RB750GR3 merupakan produk routerboard untuk SOHO yang mempunyai spesifikasi dan kemampuan yang cukup bagus dalam meng-handle kebutuhan jaringan yang ada. Saat ini Mikrotik kembali mengeluarkan produk baru yaitu RB760iGS atau bisa juga disebut dengan hEX S. RB760iGS ini adalah produk routerboard penerus dari seri RB750Gr3.


Apabila dilihat dari segi tampilannya sangat berbeda dari RB 750Gr3. Untuk RB760iGS terlihat lebih elegan karena menggunakan casing berwarna abu-abu doff, namun untuk spesifikasi hardware-nya tidak jauh berbeda dari RB 750Gr3. Dan berikut perbandingan secara garis besar dari kedua perangkat tersebut:

Sedangkan untuk spesifikasi yang lain kurang lebih sama, seperti: Kedua perangkat tersebut sama-sama menggunakan prosesor MediaTek 2 Core - 880Mhz, sama-sama menggunakan arsitektur MMIPS, memiliki besaran RAM yang sama, lisensi level 4, Ethernet 10/100/1000Mbps support 5 buah, MicroSD Slot. Selain itu produk ini juga sudah support fitur ''Hardware Acceleration'' yang sangat berguna untuk meningkatkan throughput ketika menggunakan VPN IPSec.

Test Througput Bandwidth
Untuk uji coba performa secara sederhana, produk ini dicoba untuk melewatkan bandwidth menggunakan tool Traffic-Generator dari Mikrotik.

Pengetesan pertama, dengan menggunakan konfigurasi standart (plain). Hasilnya, trafik yang mampu dilewatkan sebesar 500Mbps  (Full Duplex) dgn CPU load mencapai +- 27 %. 

Kemudian kita coba dengan menambahkan rule pada firewall filter sebanyak 30 rule. Hasilnya, ketika dilewatkan trafik sebesar 500 Mbps (Full Duplex), CPU load mencapai +- 63%. 






Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan