by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
aturan | tentang kami | kontak kami

Artikel

Export Import The Dude

Kategori: Tips & Trik

Salah satu hal yang penting dalam perawatan subuah jaringan adalah melakukan monitoring. Mikrotik memiliki Aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan monitoring yaitu Aplikasi The Dude. Aplikasi ini juga dapat membantu untuk melakukan mapping untuk menggambarkan topologi jaringan yang kita miliki. Dan masih banyak sekali fitur The Dude yang bisa dimanfaatkan, lebih detail bisa Anda lihat pada artikel kami yang berjudul  "Monitoring dengan aplikasi The Dude"


The Dude juga memiliki fitur untuk melakukan backup database. Hal tersebut bisa dilakukan sejak The Dude v3 dan v4. Tentu fitur ini sangat membantu untuk mengamankan database dan konfigurasi di Aplikasi The Dude. Supaya saat perangkat The Dude server yang kita miliki mengalami kerusakan dan perlu untuk mengganti perangkat The Dude server, kita tidak perlu untuk melakukan konfigurasi ulang dari awal seperti saat membuat The Dude pertama kali. Kita hanya perlu melakukan import database The Dude yang sudah kita lakukan backup.

Konfigurasi

Untuk melakukan export atau import database The Dude tidak di sediakan tombol pada winbox, jadi untuk melakukan export atau import maka kita harus konfigurasikan pada terminal Router. Konfigurasinya pun cukup mudah, Anda  tinggal ketikkan pada terminal dengan perintah berikut:
1.    Untuk meng-export database The Dude.

 dude export-db backup-file=[nama file]

2.    Untuk meng-import database The Dude.
 dude import-db backup-file=[nama file]


Sebelum Melakukan export atau import database pada The Dude, pastikan untuk melakukan disable The Dude Server terlebih dahulu. Untuk mendisable The Dude bisa masuk ke menu The Dude kemudian Settings.


Jika sudah menonaktifkan The Dude, kemudian kita bisa melakukan export atau import database The Dude. Kita tinggal ketikkan perintah diatas pada new terminal router. Untuk melakukan Export dapat Anda ketikkan perintah berikut pada terminal:


Semakin banyak konfigurasi atau file database dari The Dude Anda maka akan mengakibatkan semakin lama proses export database The Dude. Mulai RouterOS v6.34rc45 sudah ditambahkan informasi progress ketika kita melakukan export atau import database Dude. Terdapat notifikasi sudah berjalan berapa persen proses import atau export dan juga terdapat status berupa "export done" atau "import done".
Disarankan untuk menonaktifkan Dude server terlebih dahulu sebelum melakukan export maupun import database pada The Dude, Supaya semua file The Dude Anda bisa di export atau import dengan baik oleh Router.





Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Tips & Trik