username
password
daftar | lupa password  
Keranjang Belanja | Detail
barang, Rp ,-
Di luar PPN, diskon %
 
Cari produk:
 
Halaman Muka
Produk
Voucher MUM
Lisensi (dgn DOM)
Lisensi (tanpa DOM)
Upgrade Lisensi
Cloud Router Switch
Interface
Switch
MikroBits Switch
RouterBoard (only)
Router Indoor
Wireless Indoor NEW
Router Outdoor
RouterBoard 2011
RouterBoard 3011
MikroBits Aneto
MikroBits Ainos
MikroBits Celoica
MikroBits Dinara NEW
Cloud Core Router
Wireless Indoor 800
Wireless Outdoor 800
Wireless Indoor 493
Wireless Indoor 433
Wireless Outdoor 433
Wireless Outdoor 435
Wireless Indoor 411
Wireless Outdoor 411
Wireless Outdoor 900
Wireless Outdoor 711
Groove
Metal
Embedded 2.4GHz
Embedded 5.xGHz
Indoor Antenna
RF Ellements
Outdoor Antenna
SFP Transceiver
Mikrobits Fiber Patch
NetProtector NEW
Perlengkapan Lain
Discontinued
Rancang Sendiri
Aplikasi Bantu
Pelatihan
Manual & Dokumentasi
Download Area
Artikel
Tips & Trik
Mikrotik @ Media
Fitur & Penggunaan
Tentang Kami
Aturan & Tata Cara
Layanan Pelanggan
BGP-Peer NEW
Kontak Kami
 
 
 

Artikel

Netwatch : Tanggap Darurat Problem Jaringan

Kategori: Fitur & Penggunaan
Share


Newatch merupakan salah satu fitur MikroTik yang berfungsi untuk memonitor kondisi host. Ada kasus dimana kita harus memonitor keadaan sebuah host yang bisa jadi merupakan hot yang sangat penting sehingga jika terjadi sesuatu terhadap host, Admin jaringan bisa mendapatkan informasi secepatnya dan bisa melakukan tindakan pencegahan yang juga se-responsif mungkin. Akan sangat tidak efisien jika admin jaringan harus remote atau monitor server dalam waktu 24 jam. Untuk mempermudah monitoring, MikroTik menyediakan fitur Netwatch.

Fitur ini bisa diakses dari menu Tools --> Netwatch. Ketika kita klik tombol plus (+), kita bisa isikan ip address host yang akan dimonitoring.


  • Host : Informasi IP address device yang akan dimonitoring.
  • Interval : Netwatch berkerja dengan mengirimkan ping. Pada parameter interval, kita bisa setting jangka waktu router untuk mengirimkan ping untuk mengecek kondisi host.
  • Time Out : Jangka waktu berapa lama host akan dianggap down jika ping yang dikirim dari router tidak mendapat respon (unreachable).

Pada gambar diatas, kita bisa lihat bahwa setting netwatch akan memonitoring host dengan IP address 192.168.230.2. Informasi status tertera "up" karena router bisa melakukan ping ke IP address tersebut. Jika router gagal mengirimkan ping, maka status akan berubah menjadi "down".

Kebutuhan selanjutnya ketika ada perubahan status, router akan mengirimkan email notifikasi, sehinga admin jaringan bisa tahu secepatnya dan bisa melakukan tindaka yang diperlukan. Agar router dapat mengirimkan email, kita perlu setting email server di menu Tools -- > Email.


Tanpa setting leih lanjut, Netwatch hanya menampilkan informasi status host yang dimonitoring, up atau down. Agar router dapat memberikan notifikasi ketika host berubah status, kita bisa tuliskan script pada Tab "UP" dan Tab "DOWN". 

Script ada tab "Up" akan dijalankan jika host yang dimonitoring  terkoneksi dengan baik. Pada contoh kasus kali ini, kita akan set agar router segera mengirim email notifikasi ketika ada erubahan status, maka kita perlu tambahkan script pada setting Tab "UP" dan Tab "Down". Contoh untuk script yang akan dijalankan ketka status berbah menjadi "UP".


Dan script pada tab "Down" akan dijalankan jika host tidak dapat di ping dari router. 


Dengan script diatas, router akan segera mengirikan notifikasi email pada saat host down dan juga akan mengirimkan email notifikasi pada saat router kembali up.


Script yang bisa dijalankan juga tidak hanya script mengirim email, kita bisa buat custom script jika kita familiar dengan scripting di MikroTik. Manual mengenai scripting di mikrotik bisa Anda dalami disini :  http://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:Scripting





Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan

 

muka - tentang kami - produk - artikel - kontak kami
 
Copyrights 2005-2017 Citraweb Nusa Infomedia. All Rights Reserved. Generated in 0.0048 second(s).
Your IP: 54.196.110.18