by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
aturan | tentang kami | kontak kami

Artikel

Pengaturan Waktu RouterBoard Tanpa NTP

Kategori: Fitur & Penggunaan

Pengaturan waktu pada Router sebagai pusat manajemen jaringan adalah hal yang mutlak dilakukan, terlebih jika kita implementasikan pengaturan berdasarkan waktu. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, hardware RouterBoard tidak dapat menyimpan pengaturan waktu. 


Solusi yang bisa diimplementasikan adalah dengan menggunakan NTP (Network Time Protocol), protocol yang memungkinkan sinkronisasi waktu antar perangkat dalam jaringan, baik LAN maupun internet. Langkah-langkah setting nya sudah kami bahas sebelumnya dalam artikel Pengaturan Waktu Pada Mikrotik

Dengan NTP, perangkat RouterBoard dapat memiliki setting waktu yang selalu update atau sesuai dengan keadaan real berdasar informasi dari server. Akan tetapi kondisi jaringan terkadang tidak mendukung untuk implementasi NTP.

Misalnya hanya terdapat sebuah mesin Router, hanya digunakan untuk manajemen intranet tanpa internet dan tidak ada NTP Server pada LAN. Atau dalam keadaan terdapat koneksi internet tetapi kurang stabil sehingga update informasi waktu dari NTP Server di internet tidak berjalan normal.

Dalam keadaan tersebut alternatif solusi yang bisa diterapkan adalah dengan membangun Mikrotik Router menggunakan PC, sehingga pengaturan waktu tetap akan tersimpan. Pertanyaan nya, bagaimana jika kita hanya mempunyai RouterBoard, apakah tidak bisa implementasi rule-rule berdasarkan waktu.?

Pada 17 Juli 2014 lalu, MikroTik merilis RouterOS v.6.16 yang pada ChangeLog nya disebutkan bahwa pengaturan waktu akan tetap tersimpan pada saat RouterBoard reboot dan akan digunakan kembali saat menyala.

Percobaan

Percobaan kami lakukan dengan menggunakan RB951-2n dengan RouterOS v.6.17. Tanpa setting NTP Client, kami coba lakukan setting System > Clock secara manual dengan mengisikan Time ; Date dan Time-Zone-Name. Selanjutnya RouterBoard kami reboot.


Hasilnya pengaturan waktu terakhir tetap tersimpan dan akan berjalan kembali pada saat RouterBoard menyala. Berbeda dengan RouterOS versi sebelumnya, dengan setting tersebut, pengaturan waktu akan kembali ke 02 Jan 1970 saat Router reboot.


Namun jika dibandingkan dengan waktu real pada Laptop, terdapat selisih waktu sekitar 1 menit.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih valid, RouterBoard kami shutdown dan dinyalakan kembali setelah beberapa saat.


Hasilnya memang terdapat perbedaan waktu RouterBoard dengan waktu real pada Laptop.


Kesimpulan
Memang benar pengaturan waktu akan tetap tersimpan saat RouterBoard mati. Akan tetapi pada saat menyala kembali, waktu tidak sesuai dengan keadaan nyata, akan tetapi hanya melanjutkan perhitungan waktu dari yang tersimpan pada setting terakhir sebelum Router mati.




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan