by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

[CAMBIUM] Cara Reset Wireless Cambium

Jum'at, 20 Agustus 2021, 13:44:00 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan
Melanjutkan pembahasan mengenai perangkat wireless dari Cambium Networks, pada artikel kali ini kita akan mencoba membahas tentang bagaimana cara melakukan reset perangkat wireless cambium ke default configuration.

Nah, seperti yang umum kita ketahui pada setiap perangkat di jaringan terdapat sebuah fitur yang mempunyai fungsi untuk melakukan reset konfigurasi. Dan fungsi ini bisa dikatakan cukup penting karena jika terdapat kendala di lapangan, misalnya seperti salah konfigurasi yang mungkin cukup sulit untuk troubleshooting-nya atau juga lupa username & password untuk login maka kita bisa melakukan reset perangkatnya dan melakukan konfigurasi ulang sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Sebagai contoh kasus kali ini kita akan mencoba melakukan reset konfigurasi dari 2 tipe perangkat wireless Cambium Networks, yaitu ePMP AP/SM dan cnPilot. Sedangkan cara reset untuk perangkat wireless Cambium terdapat beberapa cara utama yang bisa dilakukan, antara lain yaitu: (1) WEB-UI, (2) External Reset Button, (3) Power Cycling.

Berikut ini langkah-langkah reset untuk ketiga metode diatas:

  • WEB-UI
Secara default di setiap sistem dari wireless Cambium Networks sudah ditambahkan menu untuk reset ini yang bisa diakses melalui halaman di webui-nya. Untuk letak menunya (ePMP AP/SM) ada di Tools --> Backup/Restore. Kemudian klik pada tombol command 'RESET'.



Sedangkan untuk cnPilot Series ada di menu Configure --> Operations. Kemudian tekan tombol command 'FACTORY DEFAULT'.


  • External Reset Button
Selanjutnya cara yang kedua adalah menggunakan External Reset Button (Tombol Reset). Cara ini bisa digunakan ketika kita tidak mempunyai akses untuk remote ke perangkat dan melakukan reset melalui webui.
Letak tombol reset ini bervariasi dan umunya terletak disamping port ethernet dari perangkatnya. Namun dibeberapa seri cnPilot, misal seperti cnPilot e430H terdapat di casing samping. Pastinya kita bisa cari tombol reset tersebut dan pada casing pun terdapat tulisan/indikator 'RESET' untuk menandakan lokasi dari tombol reset ini.






Adapun cara reset menggunakan Reset Button ini terdapat perbedaan antara tipe ePMP dan juga cnPilot.

Pertama, untuk seri ePMP AP/SM langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Untuk sekedar reset perangkat (tanpa mengembalikan ke default configuration), caranya adalah tekan sebentar tombol selama lebih dari 2 (dua) detik tetapi kurang dari 10 (sepuluh) detik lalu lepaskan. Perhatian: Jika tombol reset ditekan lebih dari 10 (sepuluh) detik saat dihidupkan, perangkat akan mengatur ulang kembali ke konfigurasi default pabrik (default configuration).
  2. Untuk reset perangkat ke konfigurasi default pabrik, caranya tekan tombol selama lebih dari 10 (sepuluh) detik lalu lepaskan.
Kedua, untuk seri cnPilot langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Tekan dan tahan tombol reset selama 15 detik atau lebih untuk mengembalikan perangkat ke konfigurasi pabrik (default configuration). Selanjutnya, kita akan melihat kedua LED berwarna Orange, yang merupakan indikator bahwa reset berhasil.
  • Power Cycling
Ada alternatif lain untuk melakukan reset konfigurasi dan ini bisa dikatakan salah satu keistimewaan dari produk wireless Cambium Networks. Cara yang bisa kita lakukan adalah menggunakan Power Cycling, yang mana dengan ini kita bisa melakukan reset melalui power/daya yang dialirkan ke perangkat.
Hal ini cocok digunakan untuk perangkat yang terpasang di atas ketinggian atau tower. Ketika kita cukup sulit untuk menjangkau perangkat dan tanpa harus menurunkan dari atas tower, kita bisa memanfaatkan fitur power cycling.

Untuk fitur ini memang tidak disupport di semua type wireless Cambium. Fitur ini dimiliki oleh perangkat Outdoor, seperti tipe ePMP AP/SM dan cnPilot E500 Series.
Dan langkah-langkah melakukan reset konfigurasi menggunakan power cycling ini juga ada perbedaan antara ePMP AP/SM dan cnPilot E500 Series.

Adapun cara menggunakan power cycling pada ePMP AP/SM adalah sebagai berikut:
  1. Ketika kondisi menyala, cabut kabel UTP/Ethernet dari POE Jack/Injector selama 10 detik.
  2. Sambungkan kembali kabel UTP/Ethernet ke POE Jack/injector selama 3-5 detik dan cabut kembali kabel UTP/Ethernet selama 3-5 detik. (1 st power cycle)
  3. Sambungkan kembali kabel UTP/Ethernet ke POE Jack/injector selama 3-5 detik dan cabut kembali kabel UTP/Ethernet selama 3-5 detik. (2 nd power cycle)
  4. Sambungkan kembali kabel UTP/Ethernet ke POE Jack/injector selama 3-5 detik dan cabut kembali kabel UTP/Ethernet selama 3-5 detik. (3 rd power cycle)
  5. Sambungkan kembali kabel UTP/Ethernet ke POE Jack/injector selama 3-5 detik dan cabut kembali kabel UTP/Ethernet selama 3-5 detik. (4 th power cycle)
  6. Terakhir, setelah melakukan perulangan sebanyak 4 kali dari cara diatas, sambunjgkan kabel UTP/Ethernet ke POE Jack/Injector selama 30 detik dan biarkan proses booting berjalan. Pada tahap ini system secara otomatis akan menjalankan reset).
  7. Selanjutnya bisa dicoba untuk PING atau akses perangkat ke alamat IP 192.168.0.1 (AP) atau 192.168.0.2 (SM)
Dengan proses power cycling diatas, system akan menjalankan prosedur reset konfigurasi berdasarkan skema elektronika seperti pada gambar ini.

Sedangkan penggunaan power cycling pada cnPilot 500 series adalah sebagai berikut:
  1. Sambungkan/nyalakan power dari perangkat menggunakan POE Jack/Injector selama 4 detik dan kemudian cabut kabel UTP/Ethernet dari POE selama 4 detik.
  2. Lakukan langkah 1 (satu) diatas lagi sebanyak 4 kali.
Selain ketiga cara utama diatas, ada alternatif lain untuk melakukan reset ke default configuration. Metode ini adalah melalui cnMaestro dan Command Line (CLI). Adapaun cara untuk melakukan reset konfigurasi menggunakan kedua metode ini yaitu sebagai berikut:

  • cnMaestro
Untuk perangkat seri wifi bisa juga dilakukan reset melalui cnmaestro dengan cara masuk ke menu monitor and manage --> pilih access point yang akan di reset --> kemudian pilih tab configuration scroll ke bawah sampai terlihat tombol factory reset.



  • Command line
Untuk penggunaan command line bisa melalui SSH/Telnet dan juga mactelnet. Untuk perangkat tipe wifi sebagai berikut: delete config (enter)



Sedikit berbeda dengan perangkat tipe wifi, pada perangkat tipe EPMP AP/SM untuk melakukan reset konfigurasi sebagai berikut: config reset (enter)



------------------------------------
*) NOTE:
Untuk penggunaan metode power cycling ini pastikan opsi 'Reset Via Power Sequence' pada type ePMP AP/SM diaktifkan/enable. Pengaturan ini bisa dicek pada menu Tools --> Backup/Restore.




artikel ditulis pada tanggal 18 Agustus 2021 - oleh: Sulih Tiyo Adi (TSO)




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan