by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Kami tetap melayani pembelian secara online

Sehubungan dengan wabah COVID-19, kami tetap melayani pembelian barang secara online.

Nikmati ONGKOS KIRIM GRATIS untuk tujuan Pulau Jawa.

Untuk konsultasi, gunakanlah telp 0274-6059988 atau email/web. Kantor Yogyakarta beroperasi Senin - Jumat jam 09.00 - 17.00 WIB dan untuk sementara tidak melayani kunjungan konsultasi dan support.

Artikel

[The Dude] The Dude Pada Flash Nand (RB750Gr3)

Jum'at, 11 Oktober 2019, 17:05:00 WIB
Kategori: Tips & Trik
The Dude merupakan Aplikasi gratis dari Mikrotik yang dapat digunakan untuk memonitoring dan memanajemen perangkat jaringan kita. The Dude saat ini terbagi menjadi 2 versi, Yaitu The Dude Server yang diinstal pada Router sedangkan The Dude Client yang diinstal pada Leptop dan digunakan untuk mengakses Dude Server. Untuk saat ini The Dude Server hanya support untuk beberapa perangkat Mikrotik saja seperti Tile, ARM, CHR, x86 dan MMIPS.

Perangkat Router Mikrotik yang menggunakan arsitektur MMIPS adalah perangkat RB750Gr3 dan RB760iGS. Kedua perangkat tersebut adalah varian Router keluaran terbaru dari series RB750.

RB750Gr3 dan RB760iGS memiliki internal storage sebesar 16MB. Jika akan memfungsikan perangkat ini sebagai Dude Server tentunya internal storage sebesar 16MB tidak akan cukup, karena storage 16MB ini juga digunakan untuk system. Sebagai solusinya kita bisa tambahkan storage menggunakan Micro SD atau bisa juga menggunakan USB Flashdisk.

 

Konfigurasi
Langkah pertama kita bisa menyiapkan terlebih dahulu penyimpanan tambahan. Untuk contoh kasus kali ini kami akan mencoba menggunakan storage tambahan berupa SD Card sebesar 16GB.

 

Pastikan bahwa Micro SD sudah terdeteksi di Mikrotik. Bisa kita check pada menu System>>Disk. Jika Micro SD sudah terdeteksi di Mikrotik, maka kita bisa lakukan format terlebih dahulu supaya Micro SD tersebut dapat kita fungsikan sebagai Storage tambahan pada RB750Gr3.

Untuk melakukan format Disk maka bisa dilakukan eject terlebih dahulu disk yang akan di format, kemudian karena kita menggunakan storage lebih dari 4GB, maka bisa kita format menggunakan ext3.

 

Setelah proses Formatting sudah berjalan dengan lancar, maka langkah selanjutnya kita bisa install package The Dude untuk Router RB750Gr3 ini. Package The Dude bisa di download pada halaman Mikrotik.com/download.
Karena menggunakan storage tambahan berupa Micro SD, maka storage penyimpanan pada The Dude bisa diarahkan ke Micro SD yang bisa ditemui pada menu Dude>>Setting.

 

Jika sudah diarahkan maka The Dude bisa diaktifkan. Dengan begitu maka kita bisa mengimplementasikan The Dude Server pada RB750Gr3.

Catatan
Setiap Router yang ingin menjalankan The Dude Server dengan spesfikasi internal storage 16MB maka diwajibkan untuk menambahkan storage tambahan berupa Micro SD, Flasdisk, Harddisk, dll. Karena jika storage internal 16MB digunakan untuk The Dude Server maka The Dude Server tidak akan berjalan lancar. Sebagai contoh, ketika Router di reboot maka Network Layout dan konfigurasi pada The Dude tidak akan tersimpan.





Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Tips & Trik