by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Kami tetap melayani pembelian secara online

Sehubungan dengan wabah COVID-19, kami tetap melayani pembelian barang secara online.

Nikmati ONGKOS KIRIM GRATIS untuk tujuan Pulau Jawa.

Untuk konsultasi, gunakanlah telp 0274-6059988 atau email/web. Kantor Yogyakarta beroperasi Senin - Jumat jam 09.00 - 17.00 WIB dan untuk sementara tidak melayani kunjungan konsultasi dan support.

Artikel

Custom Tampilan Menu Webfig

Jum'at, 25 Oktober 2019, 08:48:00 WIB
Kategori: Tips & Trik

Banyak alternatif cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan remote akses perangkat MikroTik, baik berupa GUI (Graphic User Interface) atau CLI (Command Line Interface). Salah satu cara yang juga sering digunakan adalah remote akses melalui aplikasi Webfig. Aplikasi ini berbasis HTML yang untuk aksesnya kita menggunakan web browser.

Untuk webfig sendiri merupakan kategori GUI dan untuk tampilan menunya serupa dengan aplikasi winbox.


Nah, menariknya untuk webfig ini kita bisa melakukan custom terhadap tampilan menunya. Dengan kondisi ini nanti kita bisa menerapkan untuk pengaturan sesuai dengan policy user account dari systemnya. Sebagai contoh misalnya untuk user tertentu ketika login ke system danĀ  melakukan remote melalui webfig akan ditampilkan beberapa menu dari webfig saja.

Konfigurasi

Langkah-langkah konfigurasi untuk kebutuhan diatas ada beberapa tahap. Dan yang pertama adalah melakukan custom menu yang akan ditampilkan dengan menggunakan user account dengan group full. Kita pilih menu 'Design Skin'.


Setelah dipilih menu-menu yang akan ditampilkan, kita 'Save' hasilnya. Sebagai contoh kita beri nama 'Teknisi'.


Kemudian kita masuk ke menu /system users melalui winbox dan membuat user account baru. Sebelumnya kita akan buat group baru untuk mengarahkan Design Skin dari webfig ke profile group tersebut.


Baru setelah kita membuat group baru, maka kita arahkan pada user account. Contoh disini menggunakan User 'Teknisi'.


Dan hasilnya ketika kita login menggunakan user Teknisi maka tampilan dari webfig akan sesuai dengan yang kita setting sebelumnya.







Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Tips & Trik