by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Kami tetap melayani pembelian secara online

Sehubungan dengan wabah COVID-19, kami tetap melayani pembelian barang secara online.

Nikmati ONGKOS KIRIM GRATIS untuk tujuan Pulau Jawa.

Untuk konsultasi, gunakanlah telp 0274-6059988 atau email/web. Kantor Yogyakarta beroperasi Senin - Jumat jam 09.00 - 17.00 WIB dan untuk sementara tidak melayani kunjungan konsultasi dan support.

Artikel

User Manager & PPPoE Notifikasi Expired

Jum'at, 26 Maret 2021, 08:51:00 WIB
Kategori: Tips & Trik

Melanjutkan artikel sebelumnya yaitu "Notifikasi PPPOE menggunakan Proxy" pada kali kita akan mencoba membahas sebuah fungsi yang sama namun dengan metode yang berbeda.

Mungkin untuk metode ini bisa dibilang lebih simple daripada sebelumnya. Dengan menggunakan usermanager sebagai database yang mana kita bisa membuat akun dengan lebih dari satu profile. Dan ketika satu profile sudah melewati limitasinya maka secara otomatis akan diaktifkan profile yang kedua.

Konfigurasi

Sebagai contoh kasus kita akan membuat sebuah akun untuk koneksi PPPOE dengan batas waktu selama 30 hari. Selanjutnya ketika sudah mencapai 30 hari kan diarahkan ke tampilan informasi 'expired' ketika user mencoba akses internet.

Langkah pertama, setting usermanager untuk membuat akun dan profile yang akan digunakan.

Kita akan tambahkan terlebih dahulu Profile & Limitation yang akan active pertama kali. Disini untuk profile kita setting parameter 'Validity' dengan nilai 30d. Selanjutnya setting juga pada 'limitation' dengan mendefinsikan parameter 'Group Name' di Constraints.


Dan kita buat juga untuk profile kedua yang mana validity tidak perlu disetting cukup pada paramter-paramter yang ada di limitation. Sama seperti sebelumnay yang menggunakan 'Group-Name', namun ada tambahan yaitu setting pada parameter 'Address List'.


Penggunaan parameter 'Constraints' pada konfigurasi Limitation diatas, hal ini nantinya supaya user bisa menggunakan parameter tambahan pada system di RouterOS.

Misal, untuk limitasi profile pertama menggunakan 'Group-Name' yang juga nanti akan melihat konfigurasi pada PPP Profile di router. Sedangkan limitasi profile yang kedua juga menggunakan 'Group-Name' dan ada tambahan 'Address-list' yang digunakan untuk menambahkan IP Address dari user ke daftar address-list di menu firewall.

Langkah kedua, buat akun (Username & Password) dengan menggunakan kedua profile yang telah dibuat.

Kita tambahkan akun dengan profile pertama terlebih dahulu.


Kemudian kita edit lagi akun yang sudah dibuat tersebut dan tambahkan profile yang kedua.


Sehingga nanti untuk akun tersebut akan terdapat 2 profile seperti ini.


Kemudian konfigurasi pendukung yang lain juga perlu dilakukan, contohnya seperti setting PPPOE Server, sinkronisaisi Secret dengan RADIUS (Userman). Konfigurasi ini bisa dilihat di artikel-artikel sebelumnya.

Jika konfigurasi sudah disesuaikan, maka kita bisa uji coba untuk hasilnya. Kita coba login PPPOE dan hasilnya adalah ketika profile pertama sudah habis atau lewat dari batas limitasinya (validity 30 hari) maka akan berpindah ke profile kedua.

Mekanisme ini mirip dengan fungsi konfigurasi FUP pada jaringan hotspot. Detailnya seperti pada link berikut https://citraweb.com/artikel_lihat.php?id=132

Namun, disini sedikit ada perbedaan yaitu ketika berganti profile untuk koneksi PPPOE ini tidak terputus. Sehingga walaupun sudah berganti profile, paramter-parameter yang diterpakan pada profile baru tersebut tidak berjalan. Berbeda dengan yang terjadi pada hotspot, ketika berganti profile maka akan terputus dan harus login kembali. Setelah login maka paramter-paramter yang baru bisa berjalan.

Untuk mengatasi keterbatasan ini, kita bisa menggunakan script untuk memutuskan session dari koneksinya ketika sudah berganti profile. Dan ketika login lagi maka parameternya bisa berjalan. Kita bisa menggunakan fitur 'Scheduler' untuk menjalankan scriptnya.

Contoh Script;

 

Scheduler ini dicek dan dijalankan setiap jam 12 malam (00:00:00).

Langkah ketiga, selanjutnya seperti artikel sebelumnya kita akan buat rule redirect untuk setiap trafik dari user yang akun PPPOE sudah melewati limitasi (expired). Kita akan gunakan 'Address List' hasil dari penambahan otomatis profile yang kedua diatas sebagai acuan dari user-user yang sudah expired.

Dari Address-list tersebut kita bisa me-redirect ke service web-proxy untuk diblock aksesnya dan ditampilakan halaman error.

artikel ini dibuat pada tanggal 26-03-2021 | Sulih Tiyo Adi (TSO)




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Tips & Trik