by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

Mikrotik Home - Setup mikrotik tanpa ribet

Senin, 3 Mei 2021, 13:36:00 WIB
Kategori: Tips & Trik

Kenalin nih MikroTik Home, aplikasi baru dari mikrotik untuk kamu yang gak suka ribet. Ini merupakan aplikasi yang berjalan pada ponsel pintar. Tidak masalah jika kamu bukan teknisi atau tidak mengerti tentang mikrotik sama sekali karena aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan.

MikroTik Home ini di rilis pada 29 April 2021 di play store. Untuk menjalankan aplikasi ini minimal menggunakan android Lollipop (versi 5.0). Kemudian untuk mikrotik nya sendiri minimal menggunakan RouterOS versi 6. Aplikasi dapat diunduh pada halaman berikut:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mikrotik.android.mikrotikhome

Penggunaan MikroTik Home ini sangat cocok untuk pengguna yang tidak mau ribet oleh banyaknya opsi dalam konfigurasi router, pengguna yang hanya ingin quick setup dan segera bisa menggunakan router sebagai gateway internet. MikroTik Home ini optimal untuk digunakan pada mikrotik yang memiliki interface wireless seperti hAP series, wAP series, LtAP series, dan seri lainnya yang terdapat konfigurasi default.

Fitur MikroTik Home:

  1. Mengatur wifi
  2. Mengatur internet
  3. Memantau penggunaan client
  4. Mengatur VPN
  5. Mengatur port forwarding, dan lain lain.

Prasyarat:

  1. Router mikrotik (kami menggunakan hAP ac3).
  2. Sumber internet (ethernet).

Penggunaan:

  1. Nyalakan perangkat mikrotik router.
  2. Tentu kita harus menyalakan perangkat terlebih dahulu, bisa menggunakan adaptor bawaan maupun PoE.

  3. Tancapkan kabel ethernet ke ether1.
  4. Untuk artikel kali ini kita menggunakan ether1 atau ether yang terdapat label "internet" sebagai sumber internet nya.
     

  5. Sambungkan HP ke wifi dari mikrotik
  6. Secara default wifi di perangkat baru bernama MikroTik-[enam digit mac address terakhir] dan tidak menggunakan password.
     

  7. Buka aplikasi MikroTik Home
  8. Buka aplikasi MikroTik Home yang tadi sudah di unduh dari playstore kemudian pilih router yang muncul dan klik connect. Perhatikan gambar berikut:
     

  9. Quick Set
  10. Saat pertama kali login akan diarahkan ke quick set yang akan mengatur wifi, ssid, dan password dari admin router. Quick set pada mikrotik home sangat berbeda dengan mikrotik pro, winbox, dan webfig. Quick set pada mikrotik home ini sangat minimalis sekali untuk apa saja yang kita perlukan agar mikrotik bisa bekerja sebagai gateway internet, access point, dan mengamankan router dengan mengganti password login ke router.
     
    Setelah melakukan quick set HP akan terputus dari wifi, karena itu kita harus koneksikan ulang HP ke wifi dengan SSID yang sudah kita set.

  11. Halaman utama
  12. Setelah itu kita akan diarahkan ke halaman utama nya, kita bisa melihat kondisi dari router seperti kondisi internet, jumlah client, beban cpu, uptime, dan lalu lintas yang melewati router. Sampai langkah ini seharusnya perangkat mikrotik sudah bisa digunakan.
     

  13. Monitoring client
  14. Kita bisa melihat aktifitas client di tab "clients", di bagian ini kita juga bisa melakukan kustomisasi untuk nama dan icon untuk client.

  15. Konfigurasi tambahan
  16. Jika kita ingin mengubah konfigurasi atau ingin melakukan konfigurasi lain ada di tab "more", disini kita bisa mengubah SSID, password wifi, IP WAN, IP LAN, pengaturan VPN, port forwarding, dan password admin router. Nah, jika teman teman ingin konfigurasi yang lebih kompleks lagi bisa unduh aplikasi MikroTik Pro (gratis) di play store.
     

Artikel ini dibuat pada Senin, 3 Mei 2021 menggunakan MikroTik Home v1




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Tips & Trik