by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

Dot1x dengan Radius Usermanager

Jum'at, 25 Juni 2021, 10:48:00 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan
Dot1X merupakan implementasi dari standard IEEE 802.1X pada MikroTik RouterOS . Fungsi dari fitur Dot1X digunakan untuk melakukan autentikasi client yang akan terkoneksi ke jaringan kita, baik menggunakan wireless ataupun kabel.
Untuk mengimplementasikan fitur Dot1X ini maka kita membutuhkan beberapa perangkat yang berfungsi sebagai supplicant, authenticator, authentication server (Radius Server).
Jika pada artikel sebelumnya kita sudah pernah menerapkan Dot1X ini menggunakan Radius Server FreeRadius, namun pada kesempatan kali ini kami akan membahas Dot1X menggunakan authentication server Radius User-manager dengan routerOS versi 7.
Userman atau Usermanager merupakan fitur AAA server yang dimiliki oleh Mikrotik. Sesuai kepanjangan AAA (Authentication, Authorization dan Accounting), UserManager memiliki DataBase yang bisa digunakan untuk melakukan autentikasi user yang login ke dalam network kita, baik masuk ke hotspot, router, wireless, bahkan dot1x.

Topologi yang akan digunakan adalah sebagai berikut:



Untuk menerapkan topologi diatas, maka akan membutuhkan beberapa perangkat berikut ini:
   - Router Gateway dengan RouterOS versi7 dan sudah di install package tambahan User Manager, Router Gateway ini nantinya digunakan sebagai router Core dan juga sebagai Radius Authentication Server
     - Switch yang berfungsi sebagai Authenticator
     - Perangkat client yang berfungsi sebagai Supplicant
Switch akan mengaktifkan dot1x server agar client tidak bisa terkoneksi sampai mendapatkan autentikasi ke radius server.

Konfigurasi Router Utama dan Usermanager
Langkah awal yang bisa dilakukan adalah konfigurasi basic config seperti IP Address, DHCP Server, Firewall NAT, dan juga konfigurasi VLAN sesuai dengan topologi diatas.
Setelah melakukan basic config, maka kita bisa melakukan konfigurasi Radius Userman v7. Pastikan package userman v7 sudah terinstall dengan baik pada router, sehingga kita bisa menggunakan fitur Userman. Pada kasus ini, router utama menggunakan routerOS versi 7.3beta6.

Untuk mengaktifkan usermanager, bisa masuk pada menu Usermanager>Sessions.
Pada menu Usermanager>Routers tambahkan perangkat authentikator dengan mengisikan IP Address Switch dan secret yang sudah ditentukan sebelumnya.



Tambahkan User yang akan digunakan untuk client atau supplicant. Dalam lab ini, kami menggunakan user1 dan user2. Pembuatan user akan menggunakan attribute VLAN ethernet dan akan menggunakan VLAN-ID berdasarkan user yang digunakan. Hal ini akan berfungsi untuk menentukan VLAN yang akan digunakan client.



Perlu diketahui, pada Userman V7 sudah terdapat menu attribute yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan jaringan.




Konfigurasi Switch Authenticator
Konfigurasi pada Switch Authenticator bisa dilakukan pada konfigurasi VLAN terlebih dahulu, tentukan port mana yang digunakan sebagai trunk port. Tambahkan juga vlan yang digunakan pada menu Bridge>VLANs. Jangan lupa untuk mengaktifkan bridge vlan filtering setelah vlan ditambahkan.
Pada kasus ini port ether 1 digunakan sebagai trunk port, dan access port pada ether 2 dan ether3. Pada VLANs, tidak perlu konfigurasi untagged port karena akan ditentukan pada usermanager.



Kemudian lakukan konfigurasi Radius Client pada menu Radius. Arahkan Radius ke perangkat Radius Server, yaitu Router Gateway. Pastikan secret sudah sama dan switch bisa terkoneksi ke Router Gateway. Untuk service yang digunakan adalah Dot1x.



Setelah melakukan konfigurasi VLAN dan Radius Client, maka langkah selanjutnya adalah konfigurasi Dot1X Server pada perangkat Switch. Masuk menu Dot1X->Server lalu tambahkan interface yang mengarah ke supplicant. Konfigurasi ini digunakan untuk menentukan ke interface mana yang diproteksi.



Dengan konfigurasi diatas, setiap ada client yang terkoneksi ke ether2 dan ether3 pada switch tidak dapat terkoneksi jaringan. Karena harus ada authentikasi username dan password ke radius server.

Konfigurasi Supplicant
Dalam lab kali ini, perangkat Supplicant yang digunakan adalah Router Mikrotik, sehingga untuk mengaktifkan perangkat menjadi Supplicant maka harus mengaktifkan Dot1x Client. Client bisa terkoneksi ke ether2 atau ether3 pada switch. IP Address yang didapatkan akan berdasarkan username yang digunakan.
Hasilnya, jika supplicant menggunakan user1 maka akan mendapatkan vlan100.
Dan jika supplicant menggunakan user2 maka akan mendapatkan vlan200.



STATUS
- Status perangkat Supplicant yang sudah berhasil melakukan authentikasi maka statusnya berganti menjadi "Authenticated".
- Jika pada perangkat Authenticator atau switch, bisa di check pada tab "State" dan "Active".




Artikel ini dibuat pada 25 Juni 2021



Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan