by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

QOS pada Switch Mikrotik (RouterOS)

Kamis, 14 Oktober 2021, 14:50:00 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan
Pada umumnya, switch dibagi menjadi 2 type yaitu Switch layer 2 dan Switch layer 3. Perbedaan yang signifikan dari kedua type switch ini adalah beroperasi pada layer OSI yang berbeda. Switch layer 2 akan bekerja pada layer 2 OSI yang berbasiskan mac address. Sedangkan switch layer 3 akan bekerja di layer 3 OSI yang berbasiskan IP. Dalam artian, switch layer 3 dapat meneruskan paket data berdasarkan IP address.

Mikrotik tentunya memiliki beberapa perangkat switch yang masuk dalam kategori switch layer 3 yang disebut dengan CRS atau Cloud Router Switch. Perangkat seri Cloud Router Switch (CRS) memiliki Switch Chip yang sangat canggih, dan mendukung berbagai fitur. Fitur yang disupport meliputi forwarding, port isolation, VLAN, mirroring, QOS, dll.

Kali ini, kami akan membahas mengenai QOS pada Switch Mikrotik khususnya CRS Series. Pada switch chip sendiri, terdapat beberapa fitur QOS yang bisa diterapkan. Seperti Port Based, Vlan Based, MAC based, IP Based, dll. Dan fitur yang disupport setiap perangkat CRS berbeda, karena berdasarkan Switch Chip yang digunakan.

Konfigurasi pada Bridge
Saat menggunakan RouterOS, Queues diproses menggunakan recourse CPU. Dan menerapkan queue perangkat dengan CPU yang relatif kecil bukanlah konfigurasi yang efektif. Dengan kata lain, agar lebih efisien kita bisa menerapkan limitasi menggunakan Switch Chip. Maka untuk bisa menerapkan Queue pada Switch Chip, maka interface harus dalam kondisi hardware offload aktif. Agar traffic dan packet yang dilewatkan melewati Switch Chip.
Sebagai contoh, terdapat beberapa port yang sudah masuk dalam 1 switch chip yang sama seperti berikut ini :


Terdapat perbedaan konfigurasi antara CRS 3xx dengan CRS 1xx/CRS 2xxx series dalam beberapa type QOS. Berikut beberapa QOS yang bisa diterapkan pada Switch Chip pada perangkat CRS :

1. Port Based
   a. Port Based pada CRS 3xx Series
  Pada CRS 3xx sudah bisa menerapkan limitasi traffic masuk yang cocok dengan parameter tertentu dengan aturan ACL dan memungkinkan untuk membatasi traffic keluar dan masuk berdasarkan port. Maka konfigurasi limitasi Port Based pada CRS 3xx adalah sebagai berikut :


    b. Port Based pada CRS 1xx Series / CRS 2xx Series
    Sedangkan pada perangkat CRS 1xx / CRS 2xx, konfigurasi QOS port based harus berada pada 2 menu yang berbeda. Konsepnya sama, kita harus memberikan limitasi pada ingress rate dan egress rate pada port tersebut.

Limitasi ingress rate akan berada pada menu Switch>QOS>Ingress Port Policer


Dan limitasi egress rate akan berada pada menu Switch>QOS>Shaper.


2. Mac Based
    a. Mac Based pada CRS 3xx Series
    Untuk menerapkan QOS mac-based atau berdasarkan mac address, menggunakan CRS 3xx bisa menggunakan menu Switch>Rule. Terdapat beberapa parameter yang digunakan seperti Switch Chip yang digunakan, Mac-Address (bisa source atau destination) dan Rate. Berikut contoh rule yang bisa digunakan :


b. Mac Based pada perangkat CRS 1xx / CRS 2xx
Sedangkan pada CRS1xx/CRS2xx, menerapkan QOS berdasarkan Mac-Address akan dibagi menjadi 2 tipe. Yaitu Bandwidth Shaping dan Bandwidth Scheduler. Dan kedua tipe tersebut akan dikombinasikan dengan internal priority.

- Mac-Based Traffic Scheduling menggunakan internal priority
Pada traffic scheduling menggunakan internal priority, priority tertinggi akan dilayani terlebih dahulu. Nomor queue mewakili prioritas dan queue dengan nomor tertinggi memiliki prioritas tertinggi. Traffic ditransmisikan dari queue dengan prioritas tertinggi sampai antrian kosong, dan kemudian pindah ke queue prioritas tertinggi berikutnya, dan seterusnya. Contoh :

Tambahkan QoS Group terlebih dahulu sesuai dengan jumlah prioritas yang dibutuhkan :


Tambahkan MAC Address yang akan dilimit, dan assign QOS Group untuk Mac Address tersebut di menu Switch->FDBs->Unicast FDBs.

Sesuaikan pengaturan QoS Scheme Precedence, Priority to Queue, dan Per Queue Scheduling pada pengaturan switch port seperti gambar dibawah :


- Mac-Based traffic shaping using internal Priority
Pada tipe mac based ini, pembentukan traffic berbasis MAC dilakukan sesuai dengan Prioritas internal adalah sebagai berikut: [Mac-Address] -> [QoS-Group] -> [Priority] -> [Queues] -> [Shaper].
Contoh :


    
3. VLAN Based
Limitasi rate traffic pada perangkat switch Mikrotik juga dapat didasarkan pada vlan id yang melewati Switch Chip.
    a. VLAN Based CRS 3xx
    Pada perangkat CRS3XX series cara konfigurasinya cukup sederhana. Setelah VLAN Filtering pada settingan bridge dipastikan aktif. Tambahkan rule baru di Switch->Rule. Kemudian tentukan port, vlan id, dan batasan traffic ratenya. Bila vlan melewati beberapa port yang berbeda, pastikan sudah membuat rule limitasi vlan-id di masing-masing port yang dilewati.
 

    b. VLAN Based CRS 1xx / 2xx
    Pada perangkat CRS1XX/2XX series limitasi juga bisa dilakukan berdasarkan VLAN ID, namun konfigurasinya sedikit berbeda. Pada CRS1XX/2XX Series best practice untuk melakukan limitasi berdasarkan VLAN ID adalah dengan membuat priority, vlan mana yang paling penting, hingga yang prioritasnya paling rendah. Sehingga pertama kali kita bisa siapkan terlebih dahulu konfigurasi Priority dengan membuat group baru di menu Switch->Qos->QoS Group.



Kemudian, pada konfigurasi table VLANnya, tambahkan parameter group sesuai dengan kebutuhan prioritas masing-masing VLAN.



Setelah priority masing-masing VLAN ditambahkan, lakukan konfigurasi Strict Priority dengan qos scheme menggunakan vlan-based. Konfigurasi ini diterapkan pada masing-masing port yang dilewati VLAN. Contohnya konfignya seperti gambar dibawah :




Langkah terakhir, terapkan shaper di interface uplink switch. Konfigurasi seperti diatas akan membuat VLAN yang memiliki prioritas tertinggi akan diprioritaskan untuk dilewatkan terlebih dahulu apabila shaper pada uplink kita kondisinya sudah penuh.



Kesimpulan
QOS pada Switch Chip bisa difungsikan untuk memberikan limitasi bandwidth pada interface yang masih dalam satu switch chip yang sama. Fitur ini bisa berguna jika anda ingin melakukan limitasi via layer 2. Dan tentunya akan mengurangi beban prosessor karena QOS diterapkan pada Switch Chip. Pemberian limitasi bisa berdasarkan port, vlan, mac-address, bahkan protocol.

Untuk perangkat CRS 3xx, konfigurasi pada artikel ini hanya support untuk beberapa perangkat berikut ini :

 Type Perangkat
 Switch Chip
 CRS 326-24G-2S+
Marvell-98DX3236
 CRS 328-24P-4S+
Marvell-98DX3236
 CRS 328-4C-20S-4S+
Marvell-98DX3236
 CRS 305-1G-4S+
Marvell-98DX3236
 CRS 309-1G-8S+
Marvell-98DX8208
 CRS 317-1G-16S+
Marvell-98DX8216
 CRS 312-4C+8XG
Marvell-98DX8212
 CRS 326-24S+2Q+
Marvell-98DX8332

Artikel ini dibuat pada 15 Oktober 2021



Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan