by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

QOS pada SwitchOS

Jum'at, 22 Oktober 2021, 08:47:00 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas bagaimana cara konfiurasi untuk bandwidth limitation pada perangkan swicth MikroTik yang menggunakan sistem operasi ROS. Dan kali ini pembahasan bandwidth limitasi pada swicth MikroTik namun untuk perangkat yang menggunakan sistem operasi SWOS.

Lalu apa saja perangkat switch MikroTik yang menggunakan sistem operasi SWOS?

Ada beberapa seri dari switch MikroTik yang menggunakan SWOS diantaranya yaitu:

  • RB250/RB260 Series
  • CSS106 Series
  • CSS326-24G-2S+
  • CRS3XX Series
  • CSS610 Series
Walaupun menggunakan sistem operasi SWOS namun untuk versi yang digunakan berbeda-beda pada setiap seri produknya.  Misal, produk RB250/260 Series menggunakan SWOS versi 1.17, Sedangkan untuk New RB260/CSS106/CSS610/CRS3xx Series menggunakan SWOS versi 2.13.

Berkaitan dengan kondigurasi limitasi bandwidth di SWOS kali ini juga terdapat perbedaan fitur. Pada SWOS untuk limitasinya akan mengacu pada Ingress Traffic Limiting dan Egress Traffic Limiting. Namun, dari seri-seri switch yang ada, beberapa support kedua mekanisme limitasi tersebut dan ada yang hanya satu saja yang disupport.

 
 Ingress Traffic Limiting
Egress Traffic Limiting
 CRS3xx Series
 V
X
 New RB260 (CSS106)
 V
V
 CSS326-24G-2S+
 V
X
 CSS610 Series
 V
V

Bandwidth Limitasi CRS3XX Series dan CSS326-24G-2S+

Untuk seri produk switch CRS3XX Series dan CSS326-24G-2S+ ini sesuai dengan tabel diatas hanya support metode Ingress Traffic Limiting. Konfigurasinya sendiri bisa dilakukan pada menu 'Forwarding'. Pada menu tersebut kita bisa menentukan untuk limitasi trafik berdasarkan portnya di kolom 'Ingress rate'.

 
Selain pada menu 'Forwarding' untuk limitasi bandwidth pada seri ini juga bisa dilakukan melalui menu ACL. Secara fungsi tidak ada perbedaan dengan menu 'Forwarding'. Keduanya akan melakukan ingress traffic limiting.



Bandwidth Limitasi CSS610 Series

Sedangkan untuk seri produk CSS610 Seris ini mendukung  metode Ingress Traffic Filtering dan Egress Traffic Filtering. Konfigurasinya juga sama yaitu pada menu 'Forwarding'. Dan disitu bisa dilihat bahwa terdapat kolom untuk pengaturan 'Ingress Rate' dan 'Egress Rate'.

 

Bandwidth Limitasi New RB260GS (CSS106)

Adapun seri produk NEW RB260GS (CSS106) ini sama seperti CSS610 series yang juga mendukung metode Ingress Traffic Limiting dan Egress Traffic Limiting. Namun, untuk pengaturan Ingress Traffic Limiting ada perbedaan menu kofigurasinya, yaitu ada di ACL.

 

Sedangkan konfigurasi Egress Traffic Limiting konfigurasinya ada di menu 'Forwarding'.

 

Nah, dari gambaran diatas bisa disesuaikan untuk kebutuhan limitasi bandwidth di jaringan layer2 dengan perangkat switch yang ada di lapangan khususnya yang menggunakan sistem operasi SWOS.

artikel dibuat oleh Sulih Tiyo Adi (TSO), pada 21 Oktober 2021



Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan