by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

Monitoring Maruson Inverter

Jum'at, 29 Oktober 2021, 13:05:00 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan

Listrik merupakan kebutuhan utama saat menggunakan peralatan elektronik. Baik perangkat elektronik jaringan, rumahan, dll. Dan kebutuhan ini akan terus meningkat untuk semua kalangan. Dan terkadang terdapat area yang belum bisa mendapatkan listrik, maka solusi mudahnya adalah menggunakan sistem tenaga listrik otomatis. Sistem tenaga listrik bisa dari berbagai sumber, tetapi yang paling mudah adalah sumber tenaga matahari.

Menggunakan energi matahari sebagai tenaga listrik cukup efisien, ramah lingkungan dan tentunya tidak mencemari lingkungan. Untuk merubah energi matahari menjadi energi listrik biasanya membutuhkan beberapa perangkat seperti panel surya, inverter, baterai, dll.



Tentunya panel surya ini sudah sering sekali kita temui di sekitar kita. Biasanya panel surya ini kita temui pada lampu merah atau traffic light. Sehingga untuk kebutuhan daya pada lampu traffic light ini bisa di supplai oleh panel surya dengan tenaga matahari.


Implementasi dari Panel Surya ini tentunya akan sangat bermanfaat sekali bagi daerah-daerah yang masih belum terjangkau listrik. Atau tempat darurat seperti daerah bencana agar mendapatkan kebutuhan yang semestinya. Dalam membangun tenaga terbarukan dengan energi matahari ini, ada beberapa perangkat yang kita butuhkan seperti seperti Sel Surya, Baterai, Inverter, dll.

Baterai berfungsi untuk menyimpan daya yang didapatkan. Sedangkan Inverter merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengubah tegangan DC dari Aki, Baterai, atau Panel Surya menjadi tegangan AC. Selain itu, inverter juga bisa berfungsi untuk mengkontrol, dan memonitoring tegangan input maupun output.

Pada artikel kali ini, kami akan mencoba membahas mengenai perangkat inverter yang dijual oleh Citraweb.com. Perangkat yang dimaksud adalah Inverter Maruson.



Smart solar inverter dari Maruson ini cocok digunakan pada office atau pada rumah. Produk Inverter ini memiliki efisiensi yang cukup tinggi dan memiliki kapasitas yang bervariasi.
Inverter Maruson Series bisa ditemui pada halaman berikut: Maruson Inverter


Di bagian depan Inverter Maruson terdapat layar LCD yang bisa kita gunakan untuk konfigurasi atau monitoring kondisi inverter. Namun sebenarnya kita juga bisa melakukan monitoring menggunakan aplikasi, sehingga informasi yang di sediakan lebih lengkap dan juga bisa dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan kita.
Aplikasi yang bisa kita gunakan untuk memonitoring dan konfigurasi inverter Maruson adalah Watch Power.

Monitoring
Watch Power adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan pemantauan terhadap Inverter Maruson. Tidak hanya melakukan pemantauan saja, fungsi lain dari aplikasi Watch Power ini bisa menyimpan log, memberikan alarm, memberikan pesan kegagalan dan mengkonfigurasi perangkat. Aplikasi Watchpower dari Maruson ini bisa di dapatkan dari CD Driver yang didapatkan saat pembelian produk inverter.

Proses instalasi aplikasi Watchpower ini juga terbilang cukup mudah, karena proses installnya hampir sama dengan kebanyakan aplikasi pada umumnya. Dan aplikasi ini support ke beberapa sistem operasi seperti linux, mac-OS, Windows bahkan android.

Setelah Aplikasi WatchPower ini berhasil di-install, maka langkah selanjutnya kita bisa pasangkan kabel USB bawaan dari inverter ke laptop.


Kemudian buka aplikasi WatchPower yang sebelumnya sudah kita install tadi. Hal ini bisa disesuaikan berdasarkan koneksi yang disupport para perangkat inverter, ada beberapa yang support usb, bluetooth, console atau ethernet.

Tampilan awal dari aplikasi WatchPower kurang lebih seperti berikut:


Pada tampilan ini tersedia berbagai macam informasi yang cukup lengkap, seperti Power Flow, Operation Information, Device Information, dan Rated Information. Berikut penjelasan mengenai fitur yang terdapat pada aplikasi WatchPower :

- Power Flow
Power Flow memberikan informasi mengenai sumber daya yang digunakan untuk memberikan suplai daya ke perangkat output. Terdapat beberapa icon seperti Solar Panel, Battery, Inverter, Load, dan Utility.


- Basic Information
Basic Information memberikan tampilan informasi dari AC Voltage, AC Frequency PV  input  voltage,  Battery voltage,  Battery  capacity,  Charging  current,  Output  voltage,  Output  frequency, Output apparent power, Output active power dan persentase load.

- Product Information
Memberikan informasi dari produk Maruson yang digunakan seperti Model type, Topologi, versi main CPU dan versi secondary CPU.

- Rated Information
Menu ini digunakan untuk menampilan informasi dari Nominal AC Voltage, Nominal AC current, Rated battery voltage, Nominal output voltage, Nominal output frequency, Nominal output current, Nominal output apparent power dan Nominal output active power


Konfigurasi
Dari segi konfigurasi, terdapat beberapa parameter yang bisa kita tentukan pada aplikasi watchpower ini, seperti:
- Basic : digunakan untuk mengkonfigurasi seberapa cepat tampilan WatchPower di refresh, scan, dan record.


- Password : Untuk melakukan konfigurasi inverter, maka diharuskan untuk mengisi password terlebih dahulu ke dalam aplikasi WatchPower ini. Default password adalah "administrator". Anda juga bisa mengubah password default ini sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
- SMS Setting : Jika terdapat status informasi dari inverter atau terdapat event maka kita bisa memanfaatkan fitur SMS Setting ini untuk memberikan notifikasi. (diperlukan GSM Modem untuk mengirim SMS ke Handphone).


- Email : Selain memberikan informasi melalui SMS, maka kita juga bisa mengirimkan informasi melalui email. Informasi yang akan di kirimkan bisa kita sesuaikan dengan fitur "Event Action". Untuk menggunakan fitur ini, email harus di konfigurasi dengan benar. Email ini tidak bisa di jalankan tanpa SMTP, Email akun dan Password.


- Event Action: Fitur ini digunakan untuk menentukan action dari suatu event. Fitur dari event ini bisa di simpan di dalam data log, dikirimkan melalui SMS atau Email.


- Com. portPlug And Play Setting: Fitur ini digunakan untuk memonitoring inverter secara realtime setiap com. portnya.
- Modbus Serial Setting: Fitur ini digunakan untuk mengkonfigurasi komunikasi modbus dengan PC yang terkoneksi via RS232/RS485. Konfigurasi yang bisa di lakukan antara lain Modbus port, Baud rate, data bit, stop bit, parity, dll.
- Device Control: Menu Device Control ini berfungsi untuk mengaktifkan beberapa fitur, dan mengubah konfigurasi inverter.


Pada menu ini kita bisa mengkonfigurasi Buzzer alarm, Power saving mode, Backlight, Overloard auto restart, Over temperature auto restart, Overload bypass, Solar power balance, Fault code record, Charger source priority, Output source priority, AC input range, Battery type, Output mode, dll.
- View
Pada menu ini kita bisa melihat informasi data dari inverter yang sudah di simpan ke dalam table atau format chart. Di dalam menu ini kita juga bisa melihat log event, dan juga Fault data log.



Aplikasi Watch Power ini bisa digunakan untuk memantau kondisi inverter yang saat ini berjalan. Termasuk informasi power, daya, baterai, dll. Selain menggunakan aplikasi desktop, bisa juga menggunakan aplikasi android yang sudah tersedia di playstore. Yang tentunya harus terkoneksi ke jaringan inverter, bisa via wireless, bluetooth atau jaringan LAN. Jika terjadi masalah, seluruh log juga akan terekam pada logging dan bisa di export.


Artikel ini dibuat pada 29 Oktober 2021




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan