by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

L3 Hw Offload pada MikroTik CRS 3XX Series

Senin, 8 November 2021, 16:48:00 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan

L3 Hw Offload atau biasa dikenal sebagai IP switching / Hw Routing memungkinkan untuk kita menggunakan fitur fitur layer 3 router di perangkat switch. Fitur ini memungkinkan kita untuk mendapatkan kecepatan wirespeed yang tidak memungkinkan tercapai ketika menggunakan cpu.

L3 Hw Offload mulai dikenalkan pada versi 7.1beta1 terus dikembangkan saat artikel ini dibuat pada ros versi 7.1rc6 sudah banyak perkembangan yang ada.

Prasyarat


Untuk memanfaatkan fitur l3 hw offloading ini kita bisa menggunakan crs 3xx series dengan switch chipset DX8000, DX4000, DX3000, dan DX2000 Series. Detail perangkat bisa dilihat pada tabel dibawah.

Fitur yang di support


Kami mencoba beberapa fitur yang bisa berjalan yaitu unicast routing, static routing, dynamic routing, intervlan routing, dan juga routing interface tunggal ke dalam interface bridge.

Untuk daftar fitur apa saja yang di support / tidak di support bisa dilihat pada halaman help mikrotik berikut: https://help.mikrotik.com/docs/display/ROS/L3+Hardware+Offloading

Contoh implementasi - static routing


Untuk menggunakan fitur l3 hw offload, aktifkan pada menu switch dan switch port untuk tiap tiap ethernet nya.

Pengujian


Untuk pengujian disini kita akan banjiri traffic menggunakan traffic generator dari perangkat ccr, untuk topologi nya kita buat sama seperti skema di atas.

Tanpa menggunakan L3 Hw Offloading

Dengan menggunakan L3 Hw Offloading

Artikel ini dibuat pada Senin, 8 November 2021 RouterOS v7.1rc6





Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan