by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Pengumuman Libur Hari Raya Idul Fitri (1445 H)

Sehubungan dengan Hari Raya Idul Fitri (1445 H), seluruh operasional Citraweb Solusi Teknologi office Yogyakarta dan Jakarta diliburkan pada :

Senin, 08 April 2024 sampai dengan Senin, 15 April 2024

Kami kembali beroperasional pada Selasa, 16 April 2024

Segenap Staff dan Direksi Citraweb Solusi Teknologi mengucapkan :
Selamat memperingati Hari Raya Idul Fitri (1445 H), Mohon maaf lahir dan batin.

Artikel

Menambahkan interface SFP 10G & 25G pada Mikrobits

Jum'at, 27 Januari 2023, 15:52:24 WIB
Kategori: MikroBits

MikroBits versi 3 , Dinara dan Ainos, dirilis dengan slot PCIe yang memungkinkan kita bisa melakukan penggantian atau penambahan interface SFP. Sebelumnya, sudah pernah kami bahas bagaimana cara menambah / mengganti modul SFP 1G pada MikroBits Ainos dan Dinara, silakan klik disini untuk membaca lebih detail.

Untuk mengakomodir kebutuhan kecepatan jaringan yang lebih tinggi, saat ini Citraweb telah merilis Extended SFP+ 10G Modul yang memiliki 2 SFP+ Cage. Extended Modul ini bisa dipasangkan pada MikroBits Dinara dan Ainos, detail produknya bisa dilihat pada halaman ini.

Dengan dirilisnya produk extended modul ini, Anda bisa memiliki pilihan untuk dapat mengubah / costum interface pada MikroBits Dinara atau Ainos menjadi lebih banyak. Sebagai contoh :

  • Dinara/Ainos dengan interface 8xGE + 8x1G SFP + 2x10G SFP+
  • Dinara/Ainos dengan interface 8xGE + 4x10G SFP+

Langkah Penggantian Modul 10G SFP+

Secara garis besar, penggantian extended modul 10G SFP+ ini dapat dilakukan seperti pada artikel kami sebelumnya. Langkah-langkah pemasangan atau penggantian modul SFP Extended adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan perangkat Mikrobits Dinara atau Ainos menggunakan versi routerOS diatas versi 6.47 dan dalam keadaan mati (power off)
  2. Jika menggunakan MikroBits Ainos, untuk membuka module silahkan putar sekrup dibagian depan berlawanan arah jarum jam.
                                  
  3. Jika menggunakan Mikrobits Dinara, kita bisa menggunakan slot yang ada dan menggantinya dengan modul SFP yang baru.Untuk membuka sekrup bisa memutarnya berlawanan arah jaruh jam.
  4. Ganti atau tambahkan module SFP extended, dan pastikan penutup connectornya sudah dilepas.
                                 
  5. Untuk mendapatkan urutan interface yang benar, pasangkan Extended Modul yang baru pada slot PCIe paling kanan. Alasannya, Extended Modul yang baru biasanya memiliki digit MAC Address lebih besar daripada yang lama.
  6. Jika sudah dipastikan posisi pemasangan pas, dorong module extender hingga casing modul benar-benar rapat dengan casing perangkat MikroBits.
                                 
  7. Kencangkan sekrup penutup dengan memutar sekrup putih searah jarum jam.

Problem Yang Mungkin Muncul

Setelah penggantian / penambahan Extended Modul, baik yang 1G SFP ataupun 10G SFP+ kemungkinan akan muncul beberapa problem. Hal ini wajar terjadi karena memang seara fisik interface nya kita ganti. Problem yang akan muncul adalah

  1. Nama, urutan dan MAC Address interface tidak terurut / acak
  2. Muncul tanda / Flag "R" di depan interface walaupun interface tidak terkoneksi secara fisik ke perangkat lain

Problem yang sama kemungkinan juga akan muncul pada saat kita selesai melakukan Netinstall perangkat MikroBits. Khusus untuk problem yang muncul setelah Netinstall, silakan lakukan langkah MikroBits Patch di bawah ini.

Mengatasi Masalah dengan Reset-Configuration

Ketika anda mendapat permasalahan seperti diatas, silahkan anda lakukan reset configuration. Pastikan parameter "No-Default-Configuration" tidak dicentang.

Mengatasi Masalah Menggunakan MikroBits Patch

Jika menggunakan cara sebelumnya masih terdapat kendala misal masih muncul flag “R” atau MAC address masih acak, anda bisa melakukan patch pada perangkat Mikrobits.

  1. Download MikroBits Patch terlebih dahalu pada link berikut : Mikrobits Patch
  2. Upload file patch ke MikroBits via winbox, proses ini membutuhkan waktu beberapa saat, tunggu prosesnya hingga selesai
                                  
     
  3. Setelah MikroBits menyala kembali, silahkan lakukan System -> reboot  
                                                         
     
  4. Jika melakukan reboot patch belum terinstall silahkan anda bisa melakukan System -> reset configuration pastikan untuk parameter "No Default Configuration" tidak anda centang

Pengecekan Kembali Interface

Setelah melakukan reset configuration atau patch pada perangkat Mikrobits silahkan anda periksa kembali pada menu Interface, cek kembali flag “R” dan MAC address. Untuk memeriksa MAC address anda harus tampilkan dulu kolom MAC address pada interface → ethernet → show columns → mac address, silahkan ceklist MAC address supaya muncul list MAC Address nya.

Setelah itu anda bisa lihat flag “R” dan MAC address

Hasil Test Module SFP 10G

 

SFP+ 10G Masih Kurang Kenceng ?

Setelah merilis Extended Modul 1G SFP dan Modul 10G SFP+ , dalam waktu dekat Citraweb juga akan merilis Modul 25G SFP.

Di bawah ini hasil pengetesan awal kecepatan ketika Modul 25G SFP dipasangkan pada MikroBits Dinara.

Bagaimana, sudah tidak sabar ingin mencoba SFP 25G di MikroBits ? Silakan update rilis resminya langsung di halaman produk Mikrobits




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori MikroBits